Polair Sambangi Pulau-Pulau untuk Keselamatan Nelayan

447
Pesona Indonesia
Nelayan. foto:dok
Nelayan menjadi sasaran Polair Lingga untuk disambangi. foto:dok

batampos.co.id – Kepala Satuan Polisi Air Polres Lingga AKP Sugito terus melaksanakan program sambang pulau yang ada di Kabupaten Lingga. Program rutin perintah dari Baharkam Mabes Polri tersebut ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya menjaga keselamatan di laut terutama bagi nelayan yang kesehariannya mencari nafkah di atas laut terlebih saat cuaca yang tidak menentu saat ini.

“Kami terus mengunjungi pulau-pulau yang ada di Kabupaten Lingga ini untuk memberikan sosialisasi terkait keselamatan nelayan,” kata Sugito ketika ditemui di Mapolres Lingga, Selasa (19/7) siang.

Sugito menambahkan, sesuai aturan yang ada diwajibkan kepada nelayan membawa life jacket setiap mereka turun ke laut. Namun hal ini, sambung Sugito, harus disikapi dengan bijaksana mengingat tidak semua nelayan yang sanggup membeli life jacket tersebut. Sehingga nelayan diwajibkan untuk lebih berhati-hati lagi dalam mencari nafkah.

Program sambang pulau ini juga menyentuh sejumlah pulau yang terletak jauh dari kota seperti Tajurbiru dan Suak Buaya tidak ada perbedaan pemberlakuan dengan pulau yang terletak dekat dengan kota. Seluruh personil Polair Polres Lingga dikerahkan bergantian untuk melaksanakan program tersebut.

“Personil kami ada 12 orang, seluruhnya ikut melaksanakan program ini,” ujar Sugito.

Dia juga mengatakan, dalam pekan ini akan mendatangi sejumlah pulau yang dekat seperti Penuba untuk memberikan sosialisasi serta memantau kondisi di desa tersebut. Setiap bulannya, Polair Polres Lingga melaksanakan patroli sambang pulau ini hingga tiga kali.

Polair Polres Lingga juga telah memiliki kapal baru dengan sebutan 2001 yang berkekuatan tiga mesin masing-masing 200 PK. Kecepatan kapal ini mencapai 35 sampai 36 knot perjam dengan kafasitas yang dapat ditampung kapal tersebut hingga 15 hingga 20 personil. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar