Tiga Kades Dilantik, Rafiq: Jaga Amanah Rakyat, Bangun Desa Modern

554
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq, melantik tiga Kepala Desa (Kades) dari 29 Kades yang telah terpilih secara definitif dalam Pilkades serentak beberapa bulan lalu. Kades tersebut akan menjalani roda pemerintahan desa selama 6 tahun kedepan yaitu 2016-2022. Tiga Kades yang dilantik di gedung Nasional pagi hari, yaitu Kades Tulang, Kazman dan Kades Selat Mendaun, Maksum, dan Kades Pangke, Efendi.

Dalam pesannya, Bupati mengatakan, Surat Keputusan (SK) Bupati Karimun harus benar-benar dipahami oleh semua Kades yang telah dilantik. Artinya, tugas dan tanggungjawab sebagai Kepala Desa harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

”Jadi saudara Kades, sekarang Anda sudah menjadi pucuk pimpinan di desa masing-masing. Jaga amanah yang diberikan oleh masyarakat. Dan paling penting bagaimana desa tersebut lebih maju lagi, bahkan menjadi desa modern yang mandiri,” ujar orang nomor satu di Bumi Berazam tersebut.

Terutama dalam pengelolaan anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah kabupaten. Mengingat, anggaran setiap desa mencapai Rp1 miliar. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi Kades untuk membangun desa dengan anggaran yang cukup besar.

”Ingat, anggaran desa cukup besar. Pergunakan sesuai dengan aturan yang berlaku ya, agar tidak terjerat hukum nantinya apabila salah menggunakan anggaran,” ingatnya.

Sementara itu Kepala Tata Pemerintahan Pemkab Karimun Dwiyandri mengatakan, bahwa pelantikan Kades akan dilakukan secara bertahap di setiap kecamatan. Yang diperkirakan hingga akhir bulan ini selesai dilakukan pelantikan dan langsung bekerja.

”Insya Allah, semua Kades yang terpilih sudah dilantik bulan ini. Pokoknya, saya berharap Kades benar-benar membangun desanya masing-masing untuk mensejahterakan masyarakatnya,” ungkapnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq melantik Kepala Desa Pangke, Efendi, kemarin. foto:tri haryono/batampos
Bupati Karimun Aunur Rafiq melantik Kepala Desa Pangke, Efendi, kemarin. foto:tri haryono/batampos

Sedangkan Kepala Desa Pangke, Efendi, secara terpisah berharap minta doa restu semua pihak, agar membangun desa bersama-sama. Ia meminta masukan apa saja, untuk membangun desa yang sangat strategis diwilayahnya.

” Saya komitmen untuk menjadikan desa modern. Peluang usaha cukup besar di desa Pangke ini, mari kita sama-sama membangun desa pangke tercinta ini,” ucapnya dalam sambutannya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar