Palsukan Identitas, Anggota PPS Bisa Dipidana

832
Pesona Indonesia

 

Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id – KPU Kabupaten Muaro Jambi berencana melantik 465 PPS, Sabtu (23/7) mendatang.

Pelantikan dilakukan di tujuh titik, di antaranya Sekernan, Sungai Gelam, Sungai Bahar, Kumpe Ulu, Kumpe Ilir. Hal ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Muaro Jambi, Suparmin.

Suparmin menjelaskan, sebelum pelantikan, pihak KPU Kabupaten Muaro Jambi terus memverifikasi anggota PPS, jika ditemukan kejanggalan berkas pencalonan seperti pemalsuan umur.

”Kita masih akan memeriksa berkas dari PPS, karena ada oknum PPS yang memalsukan umur,” ujarnya kepada Jambi Independet (Jawa Pos Group).

Dikatakannya, pihaknya telah menemukan ada oknum PPS yang berasal dari Desa Kedemangan, Kecamatan Jambi Luar Kota yang memalsukan umur dengan mengubah tanggal lahir pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). ”Ada kita berhentikan sebelum pelantikan karena memalsukan umur, dengan menuakan umurnya untuk menjadi anggota PPS,” jelasnya.

Menurutnya, meski pelantikan telah dilakukan nanti, jika ada anggota PPS yang terbukti memalsukan identitas diri?, akan dipidanakan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. ”Setelah dilantik jika tidak memenuhi syarat akan diberhentikan. Untuk menjaga integritas,” tutupnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar