Resmi Dilantik, PPK dan PPS KPU Pekanbaru Langsung Bekerja

896
Pesona Indonesia
Pilkada Kotak Suara besar
Ilustrasi dokumen JPNN

batampos.co.id – Setelah resmi dilantik langsung oleh Ketua KPU Pekanbaru, Amiruddin Sijaya di hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (20/7) lalu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) KPU Pekanbaru langsung bekerja. Yang paling dekat adalah memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada.

“Secara garis besar, tugas dari PPK dan PPS itu membantu KPU dalam hal pendataan pemilih, distribusi logistik serta sosialisasi. Dan pekerjaan yang akan segera dilakukan mereka adalah memetakan TPS dan memverifikasi syarat bakal calon perseorangan baik itu KTP atau identitas lain,” kata Amiruddin kepada Riau Pos (Jawa Pos Group).

Lebih lanjut dikatakannya, PPK dan PPS tersebut akan bertugas selama sembilan bulan, dimulai tujuh bulan sebelum pelaksanaan Pilkada dan dua bulan setelah pelaksanaan Pilkada. Atas telah dilantiknya PPK dan PPS tersebut, Amiruddin berpesan kepada para petugas untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dan independensi.

“Yang menjadi mata uang berharga penyelenggara pemilu adalah integritas dan independensi. Karena telah disumpah, maka petugas harus menjaga amanah. Para PPK dan PPS juga harus mampu membantu meningkatkan partisipasi pemilih, dimana target dari KPU pusat yakni 77,5 persen. Itu harus jadi perhatian bersama, karena berkaca pada pileg dan pilpres lalu, kita masih pada angka 58 persen,” jelasnya.

Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus yang juga turut hadir saat pelantikan tersebut berharap agar PPK dan PPS dapat mengemban tugas dengan baik. Mensukseskan pilkada serentak 2017 mendatang, serta dapat bekerjasama dengan seluruh elemen terkait.

“Agar meningkatkan kemampuan dalam hal pemilu, PPK dan PPS hendaknya mengikuti kegiatan pembekalan yang dilakukan. Karena Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi dan menjadi barometer pilkada di Riau. Untuk itu kepada semua elemen harus fokus menyelengarakan ini,” harapnya.

Dalam pelantikan saat itu, sebanyak 60 orang anggota PPK dilantik berasal dari 12 Kecamatan yang ada di Pekanbaru. Dimana satu kecamatan terdapat lima orang petugas dan lima orang ditetapkan sebagai cadangan. Sedangkan 174 anggota PPS berasal dari 58 kelurahan yang ada di Pekanbaru, dimana setiap kecamatan bertugas tiga orang.(jpg)

Respon Anda?

komentar