Delapan Remaja Putus Sekolah di Dabo Ikut Program Penerima Manfaat

329
Pesona Indonesia
Seluruh peserta Program Penerima Manfaat setelah tiba di Panti Sosial Bina Remaja Pekanbaru. foto: Wijaya Satrai/batampos
Seluruh peserta Program Penerima Manfaat setelah tiba di Panti Sosial Bina Remaja Pekanbaru. foto: Wijaya Satrai/batampos

batampos.co.id – Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga memberangkatkan delapan putra untuk mengikuti pelatihan pada program Penerima Manfaat dari Kementerian Sosial ke Rumbai, Pekanbaru. Seluruh peserta yang berangkat yakni anak berumur 18 tahun yang putus sekolah, tidak mampu, dan terlantar.

“Syukur walau kondisi keuangan saat ini lagi devisit tapi hasil dari jemput bola kami mendapat program ini,” kata Kepala Dinas Sosial Muslim melalui Sekertarisnya, Azwar M ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (21/7) pagi.

Azwar menambahkan, delapan peserta yang berangkat mengikuti Program Penerima Manfaat ini akan berdiam selama enam bulan di Pekanbaru untuk mendapatkan pelatihan sesuai bidang yang dipilih oleh peserta. Pelatihan tersebut antaranya, bengkel, las, jahit dan salon.

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini, seluruh peserta nantinya dapat menggunakan ilmu yang diperoleh sebagai bekal hidup mereka. Tidak hanya pelatihan, Program Penerima Manfaat ini juga akan memberikan seperangkat alat kebutuhan kepada seluruh peserta sesuai bidang yang mereka pelajari di tempat pelatihan tersebut.

“Program ini yang pertama didapat oleh Kabupaten Lingga. Ini sangat membantu putra daerah yang putus sekolah atau anak terlantar dan kurang mampu dapat bertahan dengan kemampuan mereka nanti,” ujar Azwar.

Pria berkacamata ini juga mengharapkan kepada seluruh kelurahan dan desa yang ada agar tidak hanya fokus pada bidang pembangunan infrastruktur di daerah mereka masing-masing. Namun juga memperhatikan nasib warga khususnya nasib penerus bangsa.

Selain itu Azwar meminta kepada desa dan kelurahan yang ada agar memiliki data warga mereka yang sesuai dengan syarat untuk dapat diikutkan sertakan dalam program serupa kedepan. Karena tahun ini, Kelurahan Sungai Lumpur yang memberikan berkas, maka Dinsos mengirimkan anak-anak yang layak mendapatkan program ini untuk berangkat.

“Kedepan kami berusaha untuk mendapatkan program ini lagi. Semoga anak-anak kami mendapat kesempatan yang sama dengan anak-anak yang hidup berkecukupan,” kata Azwar.

Program Penerima Manfaat ini diikuti oleh sepuluh anak utusan Provinsi Kepri. Sedangkan Dinsos Lingga berhasil melobi dan dapat mengirimkan delapan peserta untuk mengikuti pelatihan tersebut.” Pak Lurah Sungai Lumpur yang mengantar mereka hingga ke Batam,” kata Azwar. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar