Karimun Raih Adipura, Jadi Acuan Budaya Hidup Bersih

519
Pesona Indonesia
Piala Adipura
Piala Adipura

batampos.co.id – Kabupaten Karimun, kali ini mendapatkan Anugerah Piala Adipura Kirana dari Pemerintah Pusat yang akan diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo hari ini di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Bupati Karimun Aunur Rafiq ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurut Bupati, raihan ini sebagai acuan untuk merubah mindset budaya hidup bersih.

”Benar kita mendapatkan Adipura. Nah, ini sebagai tantangan kita semua yang harus mampu mengubah perilaku untuk hidup bersih. Salah satunya membuang sampah tidak sembarangan, dengan budaya hidup bersih akan berdampak langsung terhadap keindahan kota dan sehat,” katanya di Tanjungbalai Karimun, kemarin (21/7).

Lanjutnya, berkat kerja keras semua pihak bersama pemerintah daerah salah satunya dengan pencanangan Gerakan Sabtu Bersih bukan sekeder mengejar Adipura. Namun, visi dirinya sebagai Bupati bersama Wakil Bupati saat Pilkada lalu yaitu mewujudkan “Karimun Bersinar”, bersih, indah dan harmonis.

“Ya diawali dari yang kecil dululah. Bersih diri, keluarga, lingkungan secara estapet hingga bersih Kabupaten Karimun,” paparnya.

Masih kata Rafiq lagi, masih ditemukan masyarakat yang sudah membuang sampah sembarangan. Padahal pihak pemerintah daerah sudah menyediakan bak-bak sampai di tempat-tempat strategis maupun dipemukiman warga. Namun, tetap ada yang masih tidak peduli. ”Intinya, kesadaran masyarakatlah yang harus menjaga lingkungannya,” harapnya.

Sementara tokoh masyarakat Karimun yaitu Datok Azman Zainal ketua Laskar Melayu Bersatu (LMB) Karimun, memberikan apresiasi terhadap Pemkab Karimun yang mendapatkan Adipura. Dan dirinya berharap, kegiatan Sabtu bersih harus terus digalakan mulai tingkat desa hingga Kabupaten Karimun.

”Pokoknya, untuk menjaga kebersihan peranan semua pihak. Artinya, saling mendukung satu sama yang lain. Dengan kebersamaan akan terjalin kesatuan dalam menjaga kebersihan, keindahan lingkungan,” katanya.

Adipura Kirana merupakan anugerah dari Kementerian Lingkungan Hidup dengan penilaian yang dititikberatkan pada daerah atau kota yang mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, investasi dan pariwisata yang berbasis lingkungan hidup. Empat adipura lainnya adalah Adipura Buana, Adipura Karya, Adipura Bhakti dan Adipura Paripurna.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar