Pemko Batam Batal Rampingkan SKPD

916
Pesona Indonesia

pnsbatam-3-F-Cecep-Mulyanabatampos.co.id – Rencana perampingan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) setingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota batal. Enam belas SKPD di lingkungan Pemko Batam tetap bertahan. Bahkan pemerintah diizinkan menambah satu SKPD lagi setingkat eselon II.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan rencana perampingan SOTK sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 41 tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah telah dibatalkan. Hal itu merujuk setelah lahirnya PP no 14 tahun 2016 tentang tata cara penetapan dan penanggulangan krisis energi dan darurat energi.

“Yang pernah saya sampaikan awalnya akan ada penciutan SKPD. Namun informasi yang baru masuk, penciutan yang signifikan itu tak jadi,” terang Amsakar, kemarin.

baca: Tujuh SKPD Dihilangkan Pemko Batam Rampingkan SOTK

Berdasarkan PP yang baru, lanjut Amsakar, penciutan itu tak terjadi di SKPD, namun pada pejabat eselon II yang akan berkurang. Namun untuk SKPD setingkat dinas bisa ditambah satu lagi.

“Dua staf ahli yang berkurang. Sedangkan SKPD setingkat eselon II bisa bertambah I.  Jadi rencana 7 SKPD yang akan dikurang itu batal,” ujar Amsakar.

Menurut dia, Pemko Batam juga belum memikirkan perkembangkan SOTK sesuai PP 41 tahun 2016. Sebab, masih fokus membahas rencana pembangunan jangka menegah daerah (RPJMD)

“Untuk sementara kita masih gunakan SOTK yang lama. Kecuali ada surat edaran agar struktur organisasi SOTK yang baru dilaksanakan,” pungkas Amsakar. (she)

Respon Anda?

komentar