Waspada! Kenali Gejala-Gejala Diabetes Berikut Ini

357
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Penyakit Diabetes seringkali tak disadari penderitanya karena tidak mudah mendeteksi gejalanya.

Dari sekitar 24 juta orang di AS, hanya 18 juta yang menyadari bahwa mereka mengidap penyakit ini. Sedangkan,  enam juta orang Amerika yang tidak tahu bahwa mereka hidup dengan diabetes.

Penderita diabetes tidak bisa menghasilkan hormon insulin dengan benar. Insulin diperlukan untuk mendapatkan gula dari darah ke sel-sel Anda sehingga mereka bisa menggunakannya sebagai energi. Ketika insulin tidak berfungsi sebagaimana mestinya, gula terakumulasi dalam darah bukannya digunakan oleh sel.

Nah, untuk mengetahui gejala diabetes sejak dini,  berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Rasa haus dan kencing berlebihan

Orang yang memiliki diabetes mungkin buang air kecil lebih dari seseorang yang sehat. Rata-rata orang buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam jangka waktu 24 jam. Biasanya tubuh Anda akan menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal.

Bila Anda memiliki diabetes, gula darah Anda akan meningkat. Tubuh Anda akan mencoba untuk menyingkirkan glukosa ekstra dengan memproduksi lebih banyak urin.

Jika Anda terus-menerus haus atau menggunakan kamar mandi lebih dari kebanyakan,  Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

2. Kelaparan konstan

Bila Anda memiliki gula darah tinggi, tubuh akan memiliki tantangan dalam mengatur glukosa. Jika Anda sudah makan sesuatu yang tinggi karbohidrat, tubuh Anda akan menghasilkan terlalu banyak insulin sementara glukosa cenderung jatuh terlalu cepat.  Hal ini akan membuat Anda merasa gemetar dan lapar.

3. Penurunan berat badan yang cepat

Tidak semua jenis penurunan berat badan sehat. Sementara kelebihan berat badan merupakan faktor risiko untuk diabetes, tidak umum untuk melihat penurunan berat badan yang cepat pada mereka dengan diabetes.

Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan penurunan berat badan yang cepat. Alasan di balik ini kehilangan berat badan yang signifikan adalah bahwa hormon insulin tidak melakukan tugasnya mendapatkan glukosa atau gula ke dalam sel sebagai energi.

4. Kaki sakit dan mati rasa

Seiring waktu, kadar gula darah tinggi akan menyebabkan kerusakan saraf tubuh. Itu adalah suatu kondisi yang disebut neuropati diabetes. Meskipun tidak semua orang mengalami gejala ini, kasus yang lebih maju dari diabetes mungkin melihat mati rasa, kesemutan atau nyeri di kaki mereka, biasanya dimulai dengan kaki.

5. Penglihatan kabur

Salah satu tanda-tanda peringatan dini diabetes adalah penglihatan kabur. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar