Masa Jabatan Dirut Perusda Natuna Berakhir Pekan Ini, Persiapan Seleksi Belum Ada

453
Pesona Indonesia
 Direktur Utama Perusahaan Daerah (Persuda) Natuna, Kartubi. foto:net
Direktur Utama Perusahaan Daerah (Persuda) Natuna, Kartubi. foto:net

batampos.co.id – Jabatan Direktur Utama Perusahaan Daerah (Persuda) Natuna Kartubi dalam pekan ini akan berakhir. Bersamaan jabatan direktur keuangan dan direktur jasa.

Habisnya masa jabatan direktur Perusda, sepertinya belum terdapat persiapan seleksi pemilihan dirut perusda periode selanjutnya. Bahkan saat ini kondisi perusda dinilai vakum karena krisis keuangan, sejak subsidi listrik desa dicabut.

Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Natuna Benny Suparta mengatakan, saat ini masih menunggu kebijakan Bupati terkait berakhirnya masa jabatan Dirut Perusda.

Menurut Benny, untuk mengisi kekosongan jabatan Dirut Perusda, bisa dilakukan perpanjangan sementara hingga dilaksanakan pengangkatan.

“Dalam minggu ini jabatan Direktur Perusda sudah berakhir. Tapi langkah selanjutnya menunggu kebijakan Bupati,” kata Benny.

Dirut Perusda Natuna Kartubi mengaku, masa jabatannya berkahir pada 24 Juli ini berdasarkan SK Bupati. Dirinya belum memastikan rencana pemda terkait kekosongan jabatan Dirut Perusda.

“Minggu ini jabatan saya sudah berakhir, semoga saja Perusda lebih berkembang nantinya dengan dirut yang baru,” ujar Kartubi.

Seperti diketahui, hingga saat ini Perusda Natuna belum mandiri. Tidak terdapat bidang usaha dikelola secara fokus dan menghasilkan pendapatan daerah. Melainkan masih bergantung pada penyertaan modal pemerintah daerah.

Bahkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Natuna mencatat, penyertaan modal yang dihibahkan kepada perusda sejak terbentuk hingga saat ini mencapai puluhan miliar.

“Kalau dicatat selama Kabupaten Natuna terbentuk, penyertaan modal kepada perusda mungkin sudah sekitar Rp 60 miliar, namun hanya penyertaan modal kepada Bank Riau Kepri, daerah menerima deviden sebagai keuntungan,” ujar Suryanto Kepala Bidang Anggaran BPKAD.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar