Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Siap Layani JCH

664
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam. foto:humas pemprov
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, untuk memberikan pelayanan dengan keikhlasan hati kepada jemaah calon haji. Selain itu, menuntut panitia untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab.

“Semoga keikhlasan dan rasa tanggung jawab dalam memberi pelayanan mendapat imbalan dari Yang Maha Kuasa,” ujar Nurdin saat Pelantikan PPIH Embarkasi Batam dan Meal Test Presentation Tahun 1437 H / 2016 M di Aula Hotel PIH Batam Centre, Batam, Jumat (22/7).

Usai melakukan pelantikan, Gubernur Nurdin berdialog dengan PPIH. Orang nomor satu Kepri tersebut, berharap penyelenggaran ibadah haji di embarkasi Batam berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada keluhan-keluhan dari jamaah calon haji.

“Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik. Apalagi Batam menjadi embarkasi bagi jemaah calon haji dari berbagai daerah,” paparnya.

Gubernur juga terkesan dengan acara yang dikemas dengan kesederhanaan ini. Menurutnya ini merupakan suatu cara mensyukuri kenikmatan atas segala karunia Allah SWT. Ia berharap dan berdoa, tidak terjadi seuatu apapun yang dapat mengganggu jalannya persiapan ibadah haji jamaah calon haji yang singgah di Embarkasi Batam.

PPIH Embarkasi Batam diketuai oleh Marwin Jamal, yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi Kepri. Selain itu ada juga H. Zulkifli, Kepala Kanwil Kemenag Kota Batam sebagai Wakil Ketua I, Tarmidi, M.Pd Karo Kesra Prov. Kepri sebagai Wakil Ketua II serta Tjejep Yudiana, Kadis Kesehatan Prov. Kepri sebagai Wakil Ketua III. Hadir dalam pelantikan itu Direktur Pengelolaan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI Dr. Ramadhan.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI, Ramadhan mengatakan total seluruh embarkasi yang ada di Indonesia sebanyak 13 embarkasi. Untuk musim haji ini, Kloter pertama Haji akan berangkat pada hari Selasa tanggal 9 Agustus. Sementara untuk Kloter terakhir akan diberangkatkan pada Senin tanggal 5 September 2016.

Jumlah jamaah calon haji Indonesia yang akan berangkat menuju tanah suci Mekkah berjumlah 155.200 orang, untuk petugas pendamping jamaah/petugas kloter berjumlah 1.915 orang sehingga total keseluruhan berjumlah 157.115 orang.
Dari Batam embarkasi Batam, akan diberangkatkan 8.911 orang jamaah calon haji JCH dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Menurut Ramadhan, keberangkatan gelombang pertama akan menuju Madinah langsung dan melaksanakan prosesi ibadah haji serta kepulangan akan melalui Jeddah. Sementara untuk keberangkatan gelombang kedua akan menuju Jeddah dilanjut melaksanakan ibadah haji serta kepulangan melalui Madinah.

Maskapai yang memenangkan tender untuk mengangkut jamaah haji tahun 2016 adalah Saudi Arabian Airlines untuk Embarkasi Batam, Palembang, Surabaya dan Banjarmasin dan Garuda Indonesia untuk Embarkasi Aceh, Medan, Padang, DKI Jakarta, dan Solo.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar