ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Hari ini ialah hari anak. Anak ialah aset masa depan bangsa. Anak harus dilindungi, anak harus diperhatikan. Siapa yang melindungi?

Selayaknya orang tua sebagai garda terdepan terhadap pemenuhan hak anak.

Perlindungan kedua diperoleh anak dari lingkungan dia tinggal. Tag line Anakmu adalah Anak Kita menggambarkan bahwa masyarakat sangat peduli dengan kelangsungan hidup anak di lingkungan dia tinggal. Lingkungan menjauhkan anak dari hal dan perlakuan yang salah terhadap anak.

Lingkungan yang peduli anak dapat meminimalisir kekerasan terhadap anak. Sebagaimana kita ketahui, kita baca dan kita rasakan, betapa kekerasan terhadap anak, kejahatan seksual terhadap, penelantaran terhadap anak marak terjadi karena kurang pedulinya lingkungan dan masyarakat terhadap anak.

Kita hentikan kekerasan dalam bentuk apapun terhadap anak, secara fisik maupun spikologis.

Perlindungan ketiga diberikan oleh negara terhadap anak.

Pemenuhan hak dasar anak yang meliputi hak memperoleh pendidikan, kesehatan, tumbuhkembang, partisipasi dan untuk tidak diperlakukan secara diskriminasi terhadap apa yang seharusnya anak peroleh.

Negara melindungi secara hukum terhadap anak, secara sosial, jiwa aman terhadap segala bentuk perlakuan salah terhadap anak.

Perlu dibanggakan sekaligus dijadikan keprihatinan, negara menyatakan darurat terhadap kekerasan anak, dengan indikasi meningkatnya angka kejahatan terhadap anak dan kekerasan seksual hingga kematian pada anak.

LPA (LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK) Kota Batam mengapresiasi  bahwa negara memberi perhatian serius terhadap hak perlindungan melalui revisi UU Perlindungan Anak, dimana ada wacana pemberatan hukuman bagi pelaku kejahatan anak.

Semoga dengan hari anak nasional ini, kita semakin melek untuk melindungi anak-anak kita.

Untuk tingkat Kota Batam LPA (LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK) Kota Batam akan menyelenggaran perayaan hari anak nasional Kota  Batam dengan menghadirkan Kak Seto dan pencanangan incakap (internet cerdas , kreatif dan produktif) pada tanggal 13 agustus 2016 di sport hall temenggung Abdul Jamal. (lpa)

Respon Anda?

komentar