Pilkades serentak.
Pilkades serentak.

batampos.co.id – Ketua Pansus revisi peraturan daerah (Perda) pemilihan kepala desa serentak Abil Hanafi mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak sudah bisa dilaksanakan akhir tahun 2016 ini.

“Kerja Pansus Ranperda Pilkades sudah final, tinggal disahkan akhir bulan ini. Pilkadesnya bisa dilaksanakan antara bulan November atau Desember, jadi bulan Januari tahun 2017 sudah bisa pelantikan,” kata Abil Hanafi dihubungi, Jumat (22/7).

Sebenarnya kata Abil, Ranperda pilkades serentak yang disiapkan tidak terdapat terdapat perbedaan jauh dari Perda Pilkades sebelumnya. Tetapi hanya dirampingkan. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014, PP nomor 43 tahun 2014 dan Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades.

Dalam Ranperda Pilkades, diatur mulai proses pencalonan, pemilihan, pengawasan dan pelantikan. Dan penentuan batas umur minimal 25 tahun, maksimal 60 tahun.

“Bagi mantan narapinada juga diatur, minimal sudah dua tahun bebas dan tidak bermasalah lagi atau melakukan tindak korupsi lagi,” ujar Abil.

Ranper pilkades, lanjut Abil, juga mengatur pendidikan akhir calon kades minimal SLTP sederajat. Mengingat masih terbatasnya sumber daya manusia di Natuna.

Dikatakan Abil, pilkades serentak secara keseluruhan di Natuna bisa dilaksanakan ditahun 2021 mendatang. Namun saat ini hanya dilaksanakan sebagian, bagi jabatan kades yang sudah berakhir.

“Kades juga boleh dari kalangan PNS, tapi harus cuti. Jabatan kades juga diatur selama 6 tahun,” jelas Abil.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini terdapat sejumlah kepala desa dijabat sementara oleh sekretaris Desa. Pemilihan kepala desa yang dilaksanakan serentak menunggu disahkan perda pilkades serentak.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar