PT BRC Latih Pelajar Bintan Hadapi Dunia Kerja

555
Pesona Indonesia
HR Manager PT BRC, Wahyu Febrianto (tengah) melepaskan Angkatan 8D dan 9B GMC Bintan Resorts yang telah lulus Integritas di CTE PT BRC, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, kemarin. foto:harry/batampos
HR Manager PT BRC, Wahyu Febrianto (tengah) melepaskan Angkatan 8D dan 9B GMC Bintan Resorts yang telah lulus Integritas di CTE PT BRC, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, kemarin. foto:harry/batampos

batampos.co.id – PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) memberikan pembinaan dan pelatihan integritas kepada 50 siswa tingkat SMA se Bintan selama lima hari dari 17-21 Juli 2016 di Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Siswa binaan itu juga dikukuhkan sebagai Garuda Muda Camp (GMC) Bintan Resort angkatan 8D dan 9B.

“Tujuannya untuk membekali siswa Bintan dengan berbagai keahlian dan pengetahuan. Semua itu akan bermanfaat bagi mereka dalam menghadapai dunia kerja nantinya,” ujar HR Manager PT BRC, Wahyu Febrianto, Jumat (22/7).

Diceritakannya, PT BRC telah mendidik sembilan angkatan GMC yang memiliki Camp A sampai D hingga 2016 ini. Setiap camp angkatan terdiri dari puluhan siswa tingkat SMA sederajat. Mereka semua akan dibina dan diwajibkan menetap di dormitori yang telah disediakan selama mengikuti serangkaian kegiatan hingga dinyatakan lulus dan berhak mengantongi sertifikat penghargaan.

Serangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh siswa, kata Machsun, meliputi pelatihan kepemimpinan, kepribadian, bahasa Inggris, komputer, wawasan pariwisata, kepedulian lingkungan, dan entepreneurship.

“Saat ini GMC melaksanakan pelatihan untuk angkatan delapan camp D (8D) dan angkatan sembilan camp B (9B). Mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, baik di dalam kelas maupun di dormitori,” katanya.

Manager Community Development (MCD) PT BRC, Machsun Asfari menambahkan pelatihan pertama diisi dengan kegiatan ice breaking and motivation yang disampaikan olehnya dan Recruitment Executive Human Resource Department PT BRC, Andri Haris. Sesi tersebut siswa dibekali pesan moral terkait tips-tips dalam menuai keberhasilan masa depan.

“Kami berikan pemahaman kepada mereka bahwa masa depan ditentukan oleh tindakan-tindakan dimasa lalu dan masa sekarang. Jadi sekecil apapun tindakan yang dilakukan merupakan suatu keberhasilan,” akunya.

Setelah dibekali tips menuai keberhasilan, lanjutnya, kedua camp disibukan dengan tugasnya masing-masing. Untuk angkatan 8D ditugaskan untuk menggeluti proyek kewirausahaan dengan modal sebesar Rp 250 ribu. Dengan modal tersebut mereka berkreasi dengan membuat beraneka ragam produk seperti burger, pisang cokelat, es timun, dan lain-lain. Kemudian hasil kreasinya harus dijajahkan atau didagangkan dari Pujasera, departemen-departemen di PT BRC hingga menawarkan kepada pengendara yang melintas Kawasan Pariwisata Lagoi.

“Dari pagi sampai sore mereka menjual hasil produk kewirausahaan. Hasilnya sangat fantastis dengan keuntungan hingga 200 persen dari modal,” sebutnya.

Sedangkan angkatan 9B dipersiapkan untuk menjadi siswa berkarakter dengan asupan materi-materi motivasi kepemimpinan, bahasa Inggris, komputer, wawasan kepariwisataan, dan wawasan lingkungan. Dalam sesi itu, pemateri akan mendorong siswa berani mengungkapkan ide serta bertukar inspirasi. Sehingga angkatan ini tidak hanya sekedar Mendapati pengetahuan, namun termotivasi untuk melakukan sesuatu hal positiv bagi dirinya sendiri, orang lain, maupun sekitar linkungannya.

“Karena mereka berhasil melalui tahapan-tahapan. Maka kami nyatakan demisioner (lulus) dan berhak mendapatkan sertifikat penghargaan dari PT BRC,” pungkasnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar