Bank Sampah Madani Kepri Terbaik Se Kepri

447
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Untuk kesekian kalinya, Bank Sampah Madani Karimun mendapatkan nilai tertinggi di Provinsi Kepri dalam pengelolaan sampah-sampah yang disetorkan oleh masyarakat. Ditahun 2016 ini, Bank Sampah Madani Karimun meraih nilai tertinggi 80 untuk di provinsi Kepri.

”Alhamdulillah, kita meraih nilai tertinggi dalam pengelolaan sampah dari masyarakat. Selain pengumpulan sampah rumah tangga, sampah tersebut dapat dibuat kerajinan yang menghasilkan ekonomi tinggi,” kata pembina Bank Sampah Madani Karimun, Eko Riswanto di Tanjungbalai Karimun, kemarin (24/7).

Sejak berdiri tahun 2013 lalu, Bank Sampah Madani telah berhasil mengumpulkan sampah setiap bulannya mencapai 1 ton. Seperti sampah plastik, kertas, logam yang dikumpulkan oleh masyarakat dan diserahkan kepada Bank Sampah Madani untuk di kelola maupun di jual kepada penampung.

Sedangkan, hasilnya 70 persen dikembalikan kepada para nasabah dengan cara tabungan pendidikan, tabungan lebaran, tabungan reguler dan tabungan sosial. Sementara itu 25 persennya untuk operasional dan 5 persen yang disisihkan buat kegiatan sosial.

”Untuk laba sekitar Rp1 juta sampai Rp1,2 juta setiap bulannya. Artinya, semua jenis sampah baik itu penjualan dari hasil kerajinan maupun penjualan sampah kepada penampung. Lumayanlah, setiap tahunnya terus meningkat,” ujarnya.

Dan cukup mengembirakan adalah kata Eko lagi, yaitu sudah mendapatkan izin penyenggaraan lembaga pendidikan islam taman pendidikan al-quran (TPQ) dengan nomor statistik TPQ 411.2.21.02.0330 tahun 2016. Dengan jumlah anak didiknya sekitar kurang lebih 50 orang.

”Intinya, disini bagaimana para nasabah untuk memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai menjadi barang yang ekonomis. Dan secara tidak langsung, mendidik untuk mencintai lingkungan dirumah,” ungkapnya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar