Bintan Raih Adipura Buana 2016, Kesejahteraan Pasukan Kuning Ditingkatkan

565
Pesona Indonesia
Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Wakilnya, Dalmasri Syam dan Ketua DPRD Bintan, Lamen Sarihi menunjukkan Piala Adipura Buana 2016  kepada pasukan kuning di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (23/7). foto:istimewa
Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Wakilnya, Dalmasri Syam dan Ketua DPRD Bintan, Lamen Sarihi menunjukkan Piala Adipura Buana 2016 kepada pasukan kuning di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (23/7). foto:istimewa

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan meraih Piala Adipura Buana 2016 dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Penghargaan kebersihan yang diperoleh Bintan di tingkat nasional itu langsung diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Bintan, Apri Sujadi di Istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat ( 22/7).

Penghargaan ini merupakan kedua kalinya yang diraih Pemkab Bintan. Ini juga menjadi bukti sebuah kesuksesan yang dilakukan pemerintah dibawah kepemimpinan Apri Sujadi dan wakilnya, Dalmasri Syam dalam mempertahankan tata ruang di daerahnya sebagai perkotaan yang bersih dan sehat.

Wapres RI, Jusuf Kalla mengatakan lingkunganlah yang membuat kehidupan seluruh insan menjadi lebih baik walaupun situasi dunia sudah banyak berubah. Begitu juga untuk mendapatkan lingkungan yang baik, harus diterapkan kebijakan-kebijakan khusus dalam mengelola lingkungan agar berkelanjutan.

“Saya beterimakasih kepada kepala daerah yang berhasil menerapkan kebijakan dalam mengatur dan penataan daerahnya menjadi lebih bersih dan baik,” katanya.

Sementara, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan mempertahankan Kabupaten Bintan sebagai salah satu daerah terbersih se Indonesia itu lebih sulit ketimbang berusaha mendapatkan ataupun merebutnya. Sebab, dalam mempertahankan itu banyak usaha dan sistem-sistem yang harus diterapakan agar penghargaan yang pernah diraih tak tergeser atau berpindah tangan.

“Mempertahankan sesuatu yang pernah kita dapat untuk menjadi milik kita selamanya itu sangat sulit. Jadi kami mohon dukungan semua pihak agar penghargaan yang didapat ini bisa terus kita miliki,” ujarnya usai mengarak Piala Adipura Buwana 2016 bersama Petugas Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Bintan atau pasukan kuning di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (23/7).

Momentum ini menjadi dedikasi untuk seluruh masyarakat Bintan. Karena bentuk kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing telah mengantarkan daerah ini kembali meraih penghargaan. Hasil ini juga tak terlepas dari kerja keras pasukan kuning yang bertungkus lumus membersihkan daerah ini setiap hari. Kondisi seperti ini seharusnya tetap terjaga agar hidup bersih itu menjadi budayanya masyarakat Bintan.

Untuk kedepannya, Kata Apri, Pemkab Bintan tidak sekedar mempertahankan penghargaan kota kecil terbersih. Target selanjutnya bisa meraih penghargaan Piala Adpiura Paripurna. Pastinya semua itu butuh dukungan serta inovasi-inovas baru yang diciptakan dari instansi maupun masyarakat.

“Penilaian Adipura ini semakin komplek. Apalagi target sekelas paripurna. Pasti butuh usaha lebih keras lagi. Agar itu tercapai, kami akan alokasikan dana di APBD 2017 mendatang untuk pembangunan infrastruktur dan kenaikan upah kesejahteraan pasukan kuning,” janjinya.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengakui keberhasilan Kabupaten Bintan meraih Piala Adipura Buana tak terlepas dari jerih payah pasukan kuning. Karena mereka yang selama ini bertugas membersihkan seluruh kawasan Bintan.

“Saat ini kami tak dapat berikan bonus. Sebab alokasi anggarannya tak dibunyikan di APBD 2016. Jadi atas nama pemerintah, kami minta maaf kepada pasukan kuning,” akunya.

Tapi ia berjanji akan membahas kesejahteraan pasukan kuning dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan pekan ini juga. Melalui APBD 2017 mendatang alokasi dana untuk kenaikan upah pasukan kuning serta bonus atau insentif sempena Hari Lingkungan Hidup se dunia akan dikucurkan.

“Kami akan usahakan anggaran kesejahteraan pasukan kuning melalui APBD tahun depan,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan Piala Adipura Buana 2016 kepada Ketua DPRD Bintan, Lamen Sarihi. Selanjutnya, piala penghargaan itu diserahkan kepada pasukan kuning lalu diarak keliling jalan se Kecamatan Bintan Timur. Dalam kegiatan ini dihadiri Ketua PKK Bintan, Debby Maryanti, Ketua GOW Bintan, Herdawati, Asisten III Bidang Administrasi Pemkab Bintan, Raja Akib Rachim, FKPD dan SKPD Bintan serta seluruh pasukan kuning Kabupaten Bintan. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar