Citraland Botanical City Dibuka, Dicari 800 Pekerja

2659
Pesona Indonesia
Ilustrasi pencari kerja. Foto: dokumen Batam Pos
Ilustrasi pencari kerja. Foto: dokumen Batam Pos

batampos.co.id – Job Fair 2016 yang digelar Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Pangkalpinang di kawasan Citraland Botanical City, Rabu (27/7) hari ini resmi dibuka. Bursa kerja yang akan berlangsung hingga Kamis (28/7) besok ini akan dimeriahkan 33 perusahaan yang menawarkan sebanyak 800 lowongan kerja (lowker).

“Alhamdulillah, lowker yang kita siapkan di Job Fair kali ini melebihi target yang sebelumnya hanya berkisar 500 lowker. Jadi bagi para pencari kerja, ayo datangi Job Fair besok (hari ini-red), karena ada 800 lowker dengan 99 jenis pekerjaan yang disiapkan,” ujar Kepala Dinsosnaker Kota Pangkalpinang, Mikron Antariksa kepada Babel Pos (Jawa Pos Group), Selasa (26/7) kemarin, di ruang kerjanya.

Mikron menjelaskan, dalam Job Fair ini pihaknya hanya sebagai fasilitator saja.Yang akan menentukan diterima atau tidaknya pelamar untuk bekerja adalah pihak perusahaan. Kata dia, dari perusahaan yang ada berasal dari sektor perbankan, jasa, perhotelan, dan transportasi.

“Job Fair ini kali kedua kita gelar, dengan tujuan membantu tersedianya lowongan kerja bagi masyarakat. Karena biasanya perusahaan yang ada kalau ada penerimaan karyawan, terbatas di lingkungannya saja. Nah, di sini pemerintah hadir untuk memfasilitasi itu,” papar Mikron.

Secara umum, Mikron berharap kegiatan Job Fair tersebut bisa membantu pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran. Mantan Sekwan Pangkalpinang ini menambahkan, saat ini tingkat pengangguran terbuka di Kota Pangkalpinang cukup tinggi.

Dari data yang ada jumlah pencari kerja pada tiga tahun terakhir, tambahnya, di Pangkalpinang ada sekitar 3000 orang. Sehingga dengan adanya Job Fair ini, ribuan pencaker tersebut bisa terbantu.

“Untuk itu kita berharap perusahaan yang mengikuti kegiatan ini bisa memperoleh tenaga kerja sesuai keinginan dan pencari kerja pun akan lebih mudah memperoleh akses untuk mencari pekerjaan sesuai demgan skill-nya ” harapnya.

Disisi lain, pantauan harian ini ratusan pencaker mendatangi Kantor Dinsosnaker. Bahkan mereka rela mengantri hanya untuk membuat kartu kuning yang dijadikan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di Job Fair 2016.

“Ya pembuat kartu kuning membludak, meningkat dari pekan lalu. Mudah-mudahan para pencaker tidak menyia-nyiakan kesempatan dan peluang kerja di Job Fair ini,” tandasnya.(jpg)

Respon Anda?

komentar