Dituding Gabung ISIS, Mahasiswa Kedokteran Peraih Medali Emas Olympiade Astronomi ini Berada di Pakistan

1024
Pesona Indonesia
Radan, ayah Zefrizal. Foto: jawapos
Radan, ayah Zefrizal. Foto: jawapos

batampos.co.id – Zefrizal Nanda Mardani, mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) disebut-sebut gabung dengan ISIS. Bahkan sudah viral di jejaring sosial.

Gerah dengan pemberitaan tersebut, ayah Zefrizal, Radan, akhirnya angkat bicara. Ia membantah keras soal itu.

“Dia ada di Pakistan, negara asal menantunya. Sebelumnya Zefrizal sempat berdomisili di Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan. Isu tersebut (bergabung dengan ISIS, Red) sama sekali tidak benar,” tegas Radan, Senin (25/7/2016).

Radan menjelaskan, kali terakhir anaknya pulang ke Trenggalek saat hendak menikah setahun lalu. Berselang beberapa bulan kemudian, Zefrizal berpamitan ke negara istrinya di Pakistan.

“Dia hanya bilang mau ke Pakistan dan meneruskan kuliah,” ujar Radan.

Pria yang berprofesi guru matematika di salah satu SMPN di wilayah perkotaan tersebut mengaku keluarga besar menantunya memang berada di negara Asia Selatan itu.

Hal itu terlihat saat prosesi ijab kabul. Banyak anggota keluarga besar menantunya yang hadir dari berbagai negara.

“Domisili keluarga besar menantu saya memang di Pakistan. Meski sebelumnya berdomisili di Bangil, menantu saya itu lahir di sana (Pakistan, Red),” ucapnya.

Setelah pamit ke Pakistan, Radan dan istrinya sulit berkomunikasi dengan anaknya. Namun dia tidak percaya anaknya terlibat ISIS seperti yang santer beredar di medsos.

“Semoga isu tersebut tidak benar. Sebab, kami yakin dia tidak terlibat,” ungkapnya.

Sekadar informasi, berbagai prestasi akademis pernah ditorehkan Zefrizal. Bahkan, dia mengharumkan nama Trenggalek di tingkat nasional hingga internasional.

Namanya semakin berkibar ketika meraih emas pada Olimpiade Astronomi 2009 yang dihelat di Crimea.

Atas prestasinya itu, dia sempat menjadi rebutan banyak lembaga pendidikan yang menawarinya bersekolah.(rka/hai/han/and/mam/JPG) 

Respon Anda?

komentar