Jam Belajar di Karimun Ditentukan Dalam Ranperda Pendidikan

659
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Panitia Khusus Ranperda Pendidikan DPRD Karimun, terus mengesa melakukan pembahasan terhadap isi maupun pasal-pasal dalam Ranperda Pendidikan Kabupaten Karimun. Sehingga, dapat diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengonsultasikan rumusan dan klausul ranperda.

”Masih dalam pembahasan, ada beberapa poin yang kita masukkan di Ranperda Pendidikan tersebut. Agar semuanya, dapat diakomodir yang pada akhirnya sebagai acuan peningkatan SDM,” kata Ketua Pansus Ranperda Pendidikan, Anwar Abubakar di ruang kerjanya, kemarin (25/7).

Adapun, dalam pembahasan bersama perwakilan pendidikan untuk menyempurnakan dan menghimpun masukan terkait rumusan dan klausul-klausul yang dituangkan dalam ranperda pendidikan. Seperti jadwal jam belajar baik di sekolah maupun ekstrakurikuler atau belajar kelompok maupun kursus. Dimana, telah ditetapkan untuk belajar formal yaitu mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB. Kemudian, untuk belajar diluar sekolah dimulai 19.30 WIB hingga 21.30 WIB.

”Jadi kalau lewat dari jam yang telah ditetapkan didalam Ranperda, maka ditindaklanjuti oleh pihak Satpol PP, untuk dilakukan razia,” ujarnya.

Selain itu dalam sistem penerimaan ajaran baru mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) akan diseragamkan dengan diatur Peraturan Bupati (Perbup). Kemudian, tentang pengawasan terhadap siswa saat proses belajar mengajar di sekolah.

SMP I Karimun. foto:tri haryono/batampos
SMP I Karimun. foto:tri haryono/batampos

”Bayangannya untuk sementara ada 88 pasal. Intinya, bagaimana Ranperda Pendidikan ini bermanfaat bagi dunia pendidikan. Baik itu bagi para pelajar itu sendiri, maupun para pendidik. Dan paling penting yaitu sebagai payung hukum dalam dunia pendidikan, arahnya untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia, terutama dalam menyambut persaingan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN,” jelas Anwar Abubakar.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar