Kejagung Sudah Siapkan Anggaran Eksekusi untuk 16 Napi

626
Pesona Indonesia
Ilustrasi hukuman mati. Foto: istimewa
Ilustrasi hukuman mati. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) sudah memasuki tahap akhir persiapan eksekusi mati atas gembong narkoba gelombang ketiga. Kejagung bahkan sudah menyiapkan anggaran untuk menggelar eksekusi terhadap 16 orang terpidana mati.

“Anggaran untuk 16‎ orang terpidana mati sudah disiapkan. Tetapi jumlah yang dieksekusi tentu kami prioritaskan yang sudah melaksanakan hak hukumnya,” ujar Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspen) Kejagung, M Rum di Kejagung, Jakarta, Selasa (26/7).

Menurut Rum, Kejagung memang menyiapkan anggaran eksekusi untuk 16 terpidana mati. Namun, katanya, bisa saja nanti napi yang dieksekusi berkurang jumlahnya.

Hanya saja Kejagung sudah memberitahukan ke perwakilan negara lain yang warganya akan dieksekusi. Sebab, mayoritas dari 16 terpidana mati yang akan dieksekusi adalah warga asing.

“Sudah dilakukan notifikasi. Itu dalam rangka persiapan,” ujar Rum.

Hanya saja, mantan jaksa di KPK itu menolak untuk memerinci kedutaan asing mana saja yang sudah dikirimi surat notifikasi. “Negaranya belum bisa kami sebutkan. Pokoknya sudah dinotifikasi,” tambah Rum.

Rum juga menyebutkan, rencananya eksekusi mati akan dilaksanakan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sejauh ini ada 40 terpidana mati yang sudah berada di Nusakambangan.

Namun, tim eksekutor masih memverifikasi napi yang akan dieksekusi. “Jadi sebagian besar terpidana sudah di Nusakambangan,” tandas Rum.(mg4/jpnn)

Respon Anda?

komentar