SAH! Hasil Pilkades Tak Bisa Digugat

Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemda Kab), Sri Dasa Utama SIP mengatakan, meskipun pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) banyak ditemukan indikasi kecurangan-kecurangan yang dilakukan.

Namun, hasil Pilkades yang telah keluar itu tidak dapat diganggugugat lagi, karena keputusannya sudah final mengikat. “Kemungkinan memang ada kecurangan dalam Pilkades kemaren, tetapi hasilnya sudah tidak bisa diganggugugat, karena keputusannya final mengikat,” kata Sri kepada Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group), kemarin.

Dijelaskan Sri, pihaknya tidak dapat memastikan kecurangan seperti apa yang dilakukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Calon Kepala Desa (Cakades) tersebut. Namun, dalam kehidupan politik apalagi dalam pemilihan umum, pihaknya tidak menepis bahwa adanya kegiatan money politik yang kemungkinan besar terjadi.

“Kita tidak tahu kecurangan seperti apa yang dilakukan, baik PPKD maupun Cakades, tapi dalam kehidupan politik kegiatan money politik itu kemungkinan besar dilakukan,” ujarnya.

Kendati demikian, apabila dalam kurun waktu satu hari ini ditemukan bukti-bukti kecuragan yang dilakukan para Cakades, pihaknya akan memprosesnya melalui Panitia Pengawas Desa (Panwasdes) Kecamatan. Serta, pihaknya juga akan membatalkan pelantikan yang akan dilakukan terhadap Cakades tersebut, pada 28 Juli mendatang.

“Tetapi, kalau dalam waktu satu hari ini ditemukan bukti-bukti kecurangan yang dilakukan itu, kita akan membatalkan pelantikan Cakades tersebut,” tutupnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar