Tanam Pohon Ketapang untuk Penghijauan

549
Pesona Indonesia
Penanaman pohon ketapang untuk penghijauan. foto:polister/batampos
Penanaman pohon ketapang untuk penghijauan. foto:polister/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kecamatan Moro telah melakukan penanaman ratusan bibit pohon ketapang, Senin (25/7) kemarin. Penanaman sepanjang jalan dari Pelabuhan Simba hingga batas waduk penampungan air bersih bertujuan untuk penghijauan.

“Jarak tanam pohon antara lima meter di pinggir ruas jalan kiri dan kanan yang diselaraskan dengan dibangunnya jalan aspal,” ujar Jani, Bagian Pertamanan di Kantor Camat Moro.

Penanaman pohon ketapang untuk penghijauan di sepanjang jalan itu bukan berupa proyek atau menggunakan anggaran pemerintah. Akan tetapi tanam penghijauan disepanjang jalan tersebut adalah merupakan inisiatif dan kebijaksanaan pertamanan Kantor Camat Moro itu sendiri.

“Dalam hal ini, tak terlepas dukungan dari Camat Moro, M.Fidias,” ungkap Jani di sela-sela kesibukannya menanam pohon ketapang tersebut.

Disebutkannya, bibit pohon ketapang dirawat dulu di belakang Kantor Camat Moro. Setelah bibit ketapang berukuran panjang 20 hingga 30 centimeter, baru ditanam di pinggir jalan aspal.

“Saat ini bibit pohon ketapang sudah mencapai 120 batang yang ditanami pada posisi kiri dan kanan jalan. Mulai dari Pelabuhan Simba ke waduk air bersih yang diperkirakan panjang jalan aspal itu sekitar 3,5 kilometer,” tuturnya.

Pembangunan aspal jalan masih berlanjut. Jalan itu belum selesai dikerjakan dan masih dalam tahap pekerjaan gorong-gorong. Tentu dengan keberadaan penghijauan tanam pohon ketapang itu akan memperindah kondisi jalan disamping pengendara sepeda motor nantinya jadi terlindung dari sengatan sinar matahari. (pst/bpos)

Respon Anda?

komentar