Waspadai Penularan Penyakit di Musim Penghujan

458
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjungpinang memperkirakan Kota Tanjungpinang dan kawasan lain di Provinsi Kepri akan terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kondisi ini diperkirakan pula akan terus berlanjut hingga pekan depan.

Kepala BMKG Stasiun Tanjungpinang, Dhira Utama mengatakan, suhu rata-rata Kota Tanjungpinang saat ini antara 25-31 derajat celcius, dengan kelembaban 69-96 persen.

Menyikapi kondisi curah hujan yang akan lebih sering terjadi, utamanya di Kota Tanjungpinang, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam menghimbau masyarakat Kota Tanjungpinang untuk waspada terhadap penularan penyakit.

“Untuk kondisi seperti ini, masyarakat harus menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Rustam, Senin (25/7).

Dikatakan Rustam, ada tiga jenis penyakit yang berpotensi terjadi dalam kondisi cuaca tersebut, yaitu DBD, Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) dan diare.

Untuk mencegah penyakit tersebut, diperlukan penanganan yang juga berbeda. Mencegah DBD, kata Rustam perlu diperhatikan tempat genangan air yang berpotensi menjadi media perkembangan nyamuk. Genangan air tersentuh harus segera dikosongkan. “Kondisi ini merupakan kondisi ideal perkembangan nyamuk, karena itu jaga lingkungan dari jentik nyamuk,” ujarnya.

Selanjutnya, Rustam juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup dan hindari terkena air hujan secara langsung.

Untuk mencegah diare, Rustam mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan kebersihan sumur. “Jangan sampai air sumur yang akan dikonsumsi Itu tercemar oleh sampah ataupun air lainnya. Karena air yang tercemar berpotensi menyebabkan diare,” tuturnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar