Ayo Ikut Lomba Baca Puisi, Menangkan Hadiahnya

844
Pesona Indonesia
Nabila, bocah Tanjungpinang yang suka membaca puisi. foto:fatih/batampos
Nabila, bocah Tanjungpinang yang suka membaca puisi. foto:fatih/batampos

batampos.co.id – Komite Sastra Dewan Kesenian Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan lomba baca puisi sempena Hari Puisi Indonesia 2016 yang diperingati Rabu (27/7) ini. Siapa pun boleh mendaftar. Terbuka untuk pelajar dan umum.

Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kepulauan Riau, Husnizar Hood menerangkan, lomba ini ditaja guna memberikan semangat baru bagi generasi muda untuk mulai atau lebih mencintai sastra. “Sebab dulunya Tanjungpinang pernah jadi episentrum sastra negeri ini. Mari pulangkan kembali,” katanya, Selasa (26/7) kemarin.

Ada hadiah jutaan Rupiah yang diperebutkan. Bisa dibawa pulang oleh peserta terbaik pertama hingga terbaik kelima dalam membacakan puisi yang sudah ditentukan panitia. Daftar pilihan puisi dari penyair Husnizar Hood, Ramon Damora, Hasan Aspahani, Heru Untung Leksono, Ibrahim Sattah, Machzumi Dawood, Junewal Mukhtar, hingga tujuh penyair muda Kepulauan Riau.

“Sampai besok (hari ini, red) kami masih membuka pendaftaran bagi yang berminat. Asal datang sebelum jam dua siang untuk pembahasan teknis perlombaan di Studio Film Bintan Expo Centre,” kata panitia, Barozi Alaika.

Hingga kemarin, sambung Barozi, sudah banyak peminat yang mendaftar. Karena itu, bagi yang belum sempat dan berminat mengikuti perlombaan ini, Barozi menyarankan agar segera menghubungi panitia. Pasalnya, jumlah peserta bakal dibatasi hanya 60 orang saja. Ia optimistis target itu bakal terpenuhi.

“Pastinya, karena kami juga sudah mengirimkan undangan ke beberapa sekolah maupun perguruan tinggi. Ayo baca puisinya dan menangkan hadiahnya,” ajaknya.

Rangkaian peringatan Hari Puisi Indonesia di Tanjungpinang, sebenarnya sudah dimulai sejak Sabtu (23/7) lalu. Menghadirkan Profesor Yusmar Yusuf, para penyair muda terbaik Provinsi Kepri diberi kesempatan membaca puisinya untuk kemudian disambung diskusi mengenai keberlanjutan tongkat estafet kesusastraan di ibukota provinsi ini.

Lalu disambung dengan perlombaan baca puisi tepat di hari lahir penyair Chairil Anwar yang ditetapkan sebagai Hari Puisi Indonesia, petang ini di Studio Bintan Expo. Dan bakal ditutup dengan parade pembacaan puisi sehari setelahnya di Taman Laman Bunda Tepi Laut. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar