Bawaslu Seleksi Tiga Panwaslu Pilwakot Bengkulu

915
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id – Suksesi proses persiapan pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan segera membahas rencana perekrutan atau seleksi tiga Panwaslu Kota Bengkulu.

Pasalnya tiga panwaslu Pilkada 2015 lalu sudah berakhir pada Maret 2016. Bahkan jadwalnya seleksi pendaftaran akan dibuka pada akhir 2017 mendatang. Hal itu disampaikan Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Ediansyah, SH, MH seperti diberitakan Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini (27/7)

Dikatakan Ediansyah, sesuai aturan bahwa pembentukan Panwaslu Kota Bengkulu akan dibentuk enam bulan sebelum tahapan digelar. Akan tetapi dalam seleksi penyelenggara pemilu terutama Panwaslu mulai untuk Pilkada serentak 2018 mendatang itu tim seleksinya dibentuk melibatkan perwakilan Bawaslu RI. Kemudian juga ada tokoh masyarakat dan perwakilan akademisi.

‘’Syaratnya juga itu minimal pendidikan sarjana Strata satu (S1). Serta berdomisili di wilayah Kota Bengkulu. Sesuai dengan UU Nomor 15 dan memiliki pengelaman dibidang penyelenggaraa pemilu. Menariknya Panwaslu juga ke depan tidak hanya mengawasi peserta pemilu tetapi juga bisa mengawasi penyelenggara langsung seperti kinerja KPU,’’ ujar Ediansyah.

Lanjut Ediansyah, hasil temuan terhadap pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pemilu akan dikaji ditingkat Bawaslu untuk dilaporkan ke DKPP. Untuk itu dalam seleksi nantinya benar-benar akan diseleksi mulai dari 20 besar, 12 besar hingga enam besar.

‘’Jadi tupoksi Panwaslu ke depan ini tidak hanya mengawasi. Melainkan langsung menjadi penyidik sekaligus pengadilan. Karena Panwaslu melalui Bawaslu itu bisa mendiskualifikasi peserta pemilu yang terbukti melakukan pelanggaran. Tidak harus menunggu hasil proses persidangan di pengadilan, tetapi melalui sidang kajian di Bawaslu sudah bisa mencoret pasangan calon peserta pemilu yang terbukti terutama money politics dan pelanggaran lainnya,’’ terangnya.

Mengingat lanjut Ediansyah, untuk menangani laporan atau pelanggaran yang langsung dilakukan di Bawaslu sudah dibentuk tim pemeriksa daerah. Melibatkan DKPP, Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi. Sehingga yang akan diseleksi untuk menjadi anggota Panwaslu Kota Bengkulu mendatang benar-benar sesuai harapan.

‘’Untuk syarat-syarat lainnya sesuai dengan ketentuan. Diantaranya memiliki integritas, dan tidak aktif di politik, lalu tidak tersanjung hukum. untuk tahapan seleksi, sampai didapatinya enam besar itu akan ditetapkan Timsel. Kami (bawaslu, red) hanya melakukan seleksi dari enam besar menjadi tiga besarnya,’’ demikian Ediansyah.(jpg)

Respon Anda?

komentar