JCH Natuna Diberangkatkan ke Batam 6 Agustus

331
Pesona Indonesia
Pemberangkatan haji tahun lalu. foto:dok
Pemberangkatan haji tahun lalu. foto:dok

batampos.co.id – Kepala Kantor Kementerian Agama Natuna Sudarmadi mengatakan, 45 jamaah calon haji (JCH) asal Natuna dijadwalkan akan diterbangkan ke Batam, pada 6 Agustus mendatang. Jumlah JCH asal Natuna tahun ini meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 42 jamaah haji.

“Musim haji tahun ini, 45 JCH Natuna akan terbangkan ke tanah suci. Tanggal 6 Agustus ini jadwalnya terbangkan ke Batam,” kata Sudarmadi, Selasa (26/7).

Itupun jumlah JCH sudah dibatasi. Keterbatasan kuota ini, kata Sudarmadi, menyebabkan daftar tunggu JCH Natuna terhitung hingga tahun 2031 mendatang. Jumlahnya mencapai 760 orang terhitung pada tahun 2016 ini, jumlah tersebut akan terus bertambah.

Dikatakan Sudarmadi, selain itu terdapat dua orang calon jemaah haji asal Kecamatan Bunguran Timur Laut bakal menunda keberangkatan, lantaran namanya masuk daftar cadangan.

“Keduanya suami istri, persyaratan sudah terpenuhi. Tetapi mereka masuk daftar cadangan dan terpisah dari rombongan JCH Natuna. Sehingga mereka menyurati menunda keberangkatan hingga tahun depan,” kata Sudarmadi.

Dijelasnya Sudarmadi, jika keduanya tidak mundur, pihak Kemenag sudah mengupayakan untuk tetap memberangkatkan dua calon jemaah tersebut ke tanah suci Mekkah. Namun keberangkatannya terpisah dari rombongan kloter pertama, tetapi keberangkatan kelompok terbang 15 gelombang kedua.

“Jadi pasangan suami istri ini secara persyaratan sudah siap termasuk pelunasan biaya naik haji. Mereka meminta dimasukkan pada kloter pertama dan itu sangat tidak mungkin karena namanya masuk daftar cadangan. Jadi daftar cadangan ini bisa berangkat ketika jumlah kuota untuk Kepri ada penambahan ataupun ada calon jemaah yang sakit dan meninggal dunia sebelum berangkat. Maka secara otomatis daftar tunggu atau daftar cadangan akan diberangkatkan,” jelas Sudarmadi.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar