Jokowi Rombak Kabinet, Asman Abnur Jadi Menteri

2234
Pesona Indonesia
Jokowi. Foto: Indopos
Jokowi. Foto: Indopos

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan perombakan Kabinet Kerja atau reshuffle jilid II dalam masa pemerintahannya. Yang menarik, dalam kabinet baru itu ada nama Asman Abnur, mantan wakil wali kota Batam.

Jokowi mengumumkan reshuffle jilid II itu di Istana Negara Rabu (27/7) pukul 11.15. Terlihat mendampingi Jokowi adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla,  Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono.

Jokowi mengatakan, pemerintah harus mengurangi kesenjangan ekonomi dan memperkuat perekonomian nasional.  Selain itu, pemerintah juga harus membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran demi kesejahteraan seluruh rakyat.

“Saya dan wakil presiden memutuskan melakukan perombakan Kabinet Kerja. Yang pertama adalah pergeseran posisi beberapa menteri dan ketua lembaga,” ujarnya.

Jokowi lantas menyebut satu per satu menteri yang terkena reposisi. Yakni Luhut Panjaitan dari posisi menteri koordinator politik, hukum dan keamanan menjadi menteri koordinator kemaritiman.

Selanjutnya ada Bambang Brodjonegoro dari posisi menteri keuangan menjadi  menteri perencanaan pembangunan nasional (PPN) merangkap kepala Bappenas. Sedangkan Sofyan Djalil yang sebelumnya  menteri PPN/kepala Bappenas menjadi menteri agraria dan tata ruang.

Yang terakhir terkena reposisi adalah Thomas Lembong dari menteri perdagangan menjadi kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Jokowi juga memasukkan nama-nama baru untuk kabinetnya. “Kami juga memasukkan energi baru,” katanya.

Yakni Wiranto sebagai menkopolhukam, Sri Mulyani sebagai menteri keuangan, Eko Putro Sanjoyo sebagai menteri desa dan transmigrasi, Budi Karya Sumadi sebagai menteri perhubungan, Muhadjir Effendi sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan, Enggartyasto Lukita sebagai menteri perdagangan, Airlangga Hartarto sebagai menteri perindustrian, Archandra Tahar sebagai menteri ESDM, serta terakhir Asman Abnur sebagai menteri pendayagunaan aparatur negara  dan reformasi birokrasi (PAN-RB).

“Ini demi penguatan kabinet yang bekerja cepat agar rakyat merasakan manfaat nyata,” kata sambung Jokowi.

Rencananya para menteri baru akan dilantik pada pukul 13.30 nanti. “Dan akan langsung bekerja untuk mengikuti sidang paripurna (kabinet, red),” pungkasnya.(chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar