Kapal Mencurigakan Beraktifitas di Perairan Batu Berdaun

355
Pesona Indonesia
Kepala Desa Batu Berdaun, Zainal. foto:wijaya satria/batampos
Kepala Desa Batu Berdaun, Zainal. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Kepala Desa Batu Berdaun, Zainal menyampaikan ada aktifitas mencurigakan di laut seputaran desa mereka sejak tiga hari terakhir ini. Kecurigaan itu muncul setelah melihat ada kapal dengan ukuran besar melintas pelan di perairan wilayah desa tersebut.

“Kapal itu cukup besar, lampu yang menyala sanagat terang. Berjalan lamban menyusuri laut tak jauh dari bibir pantai,” kata Zainal ketika ditemui di Kantor Desa Batu Berdaun, Selasa (26/7) pagi.

Zainal menduga adanya aktifitas yang dilakukan kapal tersebut. Namun dia belum dapat memastikan apakah aktifitas penambangan timah atau aktifitas pukat trawls yang jelas melanggar peraturan. Untuk itu, Zainal meminta kepada aparatur keamanan di Kabupaten Lingga untuk memastikan aktifitas tersebut tidak melanggar hukum.

Kapal tersebut diduga menggunakan mesin enam selinder karena bunyi mesin dari kapal tersebut terdengar jelas hingga ke darat. Selain itu, kapal mencurigakan tersebut berjalan pelan dan dekat dengan bibir pantai.

“Kapal itu nampak dari pantai, kelas sekali. Apalagi lampu kapal itu sangat terang,” kata Zainal.

Zainal juga bermaksud untuk mengejar kapal tersebut bersama warga, untuk memastikan aktifitas yang dilakukan kapal tersebut. Jika aktifitasnya melanggar hukum, tentunya warga akan menyerahkan kapal bersama orang yang ada di atas kapal tersebut kepada pihak berwajib untuk ditindaklanjuti.

Menurut Zainal, banyak nelayan di Kebun Nyiur yang termasuk dalam wilayah Desa Batu Berdaun mengeluhkan adanya sejumlah kerusakan alat tangkap mereka. Seperti jaring dan bubuh ketam yang dilerak nelayan sekitar di perairan tersebut.

“Saya berharap aparat keamanan yang ada untuk mencari tau aktifitas kapal mencurigakan itu, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan besar bagi warga,” ujar Zainal. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar