Kepala BMKG: Hati-Hati Puting Beliung dan Petir

445
Pesona Indonesia

putingbeliungbatampos.co.id – Kepri memasuki masa pancaroba, panas dan hujan datang tak beraturan. Pada musim ini banyak kejadian alam yang terjadi, Sepeti puting beliung dan petir.

“Kemungkinan terjadinya itu (puting beliung dan petir, red) cukup tinggi saat ini. Jadi saya minta warga selalu berhati-hati,” kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu pada Batam Pos, kemarin.

Ia mengatakan bahwa hal diprediksi akan berlangsung hingga akhir bulan. Sementara itu saat ditanyai mengenai gelombang, Philip mengungkapkan bahwa masih normal.

“Batam itu masih dibawah satu meter, paling tinggi di Natuna sekitar 2 meter,” ujarnya.

Namun walau begitu, Philip meminta masyarkat tetap selalu berhati-hati dan waspada.

Mengenai hujan yang terus mengguyur Batam dalam beberapa hari belakangan ini. Menurut Philip bukanlah disebabkan oleh cuaca ekstream.

“Untuk Batam masih hal yang biasa,” ujarnya.

Ia menuturkan ada alasan hujan sering terjadi, walau Batam sudah tak lagi di masa hujan puncak. Menurutnya angin dari selatan berhembus membawa awan commulus nimbus. Batam khususnya dan kepri umumnya termasuk daerah yang dilalui garis khatulistiwa.

“Sehingga cahaya matahari melimpah, uap air dari laut banyak. Sehingga menyebabkan Kepri selalu memiliki hujan yang berlimpah,” ungkapnya.

Hujan ini biasanya kata Philip berada pada intensitas ringan hingga sedang. Sehingga tidak terlalu mengganggu pelayaran dan penerbangan.

“Biasanya tak berlayar atau terbang karena jarak pandang. Saat ini masih normal saja,” ujarnya.

Philip mengungkapkan bahwa pihaknya menyediakan fasilitas peringatan dini cuaca, dimana masyarakat bisa mendaftarkan e-mail atau nomor telepon. Atau masyarakat bisa melihat langsung di website BMKG. (ska)

Respon Anda?

komentar