KPU Ajak Pemilih Pemula dan Disabilitas Ikut Pilkada

1016
Pesona Indonesia
Komisioner KPU Riau Divisi Hukum, Ilham M Yasir. Foto: Riau Pos/jpg
Komisioner KPU Riau Divisi Hukum, Ilham M Yasir. Foto: Riau Pos/jpg

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengajak para pemilih pemula dan disabilitas untuk aktif mengikuti pilkada serentak 2017 mendatang.

Secara langung KPU mengundang perwakilan pelajar dan organisasi disabilitas Riau dan memberikan materi tentang pemilu di kantor KPU Riau, Selasa (26/7).

Komisioner KPU Riau divisi hukum, Ilham M Yasir mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan KPU Riau. Dimana dalam setiap pesta demokrasi, menurut Ilham hak-hak para pemilih muda dan juga para disabilitas karena golongan tersebut juga mempunyai hak yang sama dalam hal memilih calon kepala daerah dan calon lainnya.

“Dimana ada beberapa pelajar SMA yang sebentar lagi akan memasuki usia 17 tahun, mereka itu tergolong pemilih muda. Kemudian juga soal pemilih disabilitas, mereka mempunyai hak yang sama dengan orang normal. Untuk itu kami dorong mereka untuk menggunakan haknya,” jelas Ilham seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini (27/7).

Lebih lanjut dikatakannya, khusus untuk pemilih disabilitas, pihaknya berharap agar keluarga berperan pro aktif dalam hal pemberian data kepada petugas. Dimana ketika memiliki keluarga disabilitas dan sudah cukup umur, maka hendaknya memberitahukan kepada petugas agar bisa didata dan mendapatkan hak pilih.

“Karena kunci utama mereka bisa memilih adalah masuk dalam daftar pemilih. Dimana selama ini kebanyakan pihak keluarga yang memiliki anggota keluarga disabilitas tidak mendaftarkan keluarganya kepada petugas,” katanya.

Dikatakan Ilham, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan data yang valid tentang jumlah penderita disabilitas di Riau. Dimana berdasarkan perkiraan ada sekitar 2000an disabilitas di Riau, namun hal itu baru merupakan data perkiraan yang masih jauh dari data real di lapangan.

“Dalam kegiatan pemberian materi dan pemahaman tentang pemilu, ada sekitar 30 perwakilan sekolah yang kami undang. Kemudian juga perwakilan beberpa organisasi disabilitas di Riau, harapan kami dengan kegiatan ini sasaran untuk meningkatkan pemilih pemula dan disabilitas bisa tercapai,” harapnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar