Mendagri Desak Gubernur Kepri Segera Usulkan Calon Wakil Gubernur

590
Pesona Indonesia
Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun membaca salah satu koleksi buku di Perpustakaan Daerah. foto:humas pemprov
Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun membaca salah satu koleksi buku di Perpustakaan Daerah. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Dirjen Otonomi Daerah (OTDA) lewat telegram mendesak Gubernur Kepri, Nurdin Basirun untuk segera mengisi kekosongan Wakil Gubernur Kepri. Sementara itu, Nurdin mengaku belum menerima langsung telegram tersebut.

“Kabarnya seperti itu, tapi sampai sekarang saya masih belum memegang langsung telegram tersebut. Bahkan banyak yang sudah bertanya-tanya kepada saya. Sekarang masih dicari telegramnya,” ujar Nurdin, Selasa (26/7) di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Seperti diketahui, dua nama yang belakangan santer disebut-sebut berpeluang untuk mendampingi Nurdin sebagai Gubernur Kepri adalah tokoh sentral perjuangan pembentukan Provinsi Kepri, Huzrin Hood. Sedangkan satu nama lainnya adalah, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kepri, Isdianto yang merupakan adik kandung mediang Muhammad Sani.

Berdasarkan, telegram Dirjen Otonomi Daerah nomor T.122/5237/ OTDA tertanggal 20 Juli 2016, selain Kepulauan Riau, termasuk juga Riau dan Sumatera Utara diminta segera melaksanakan pengisian wakil gubernur melalui pemilihan oleh DPRD masing-masing.Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyurati Gubernur Kepri Nurdin Basirun agar segera memfasilitasi pengisian kekosongan wakil gubernur melalui pemilihan oleh DPRD Kepri.

Dirjen Otonomi Daerah, Soni Sumarsono yang menandatangani telegram tersebut menyatakan, berkenaan dengan kekosongan Wakil Gubernur di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Utara dan Riau, serta dalam mendukung efektivitas penyelenggaraan Pemda, disampaikan. Yakni, sesuai pasal 176 UU Nomor 10 tahun 2016 ditegaskan bahwa parpol atau gabungan parpol pengusung mengusulkan dua orang calon wakil gubernur kepada DPRD Provinsi, melalui Gubernur, untuk dipilih dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi.

“Diminta pada Gubernur dan DPRD Provinsi Kepri, Sumut dan Riau, untuk melaksanakan, fasilitasi percepatan pengisian wakil gubernur di daerah masing-masing,” tulis Soni Sumarsono dalam telegram tersebut. Selain itu, adalah berkoordinasi dan mengkomunikasikan dengan partai politik pengusung dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar