Partai Penghambat Pengajuan Calon Wakil Gubernur Kepri

572
Pesona Indonesia
Jumaga Nadeak.  foto:cecep mulyana/batampos
Jumaga Nadeak. foto:cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Kementerian Dalam Negeri meminta Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jumaga Nadeak agar segera menggegas proses pemilihan calon wakil gubernur. Imbauan ini tertuang melalui radiogram yang sudah diterima sejak kemarin.

Besar kemungkinan radiogram ini dilayangkan lantaran sepeninggal mendiang Gubernur Sani, belum dilakukan tahapan signifikan untuk memilih nama yang bakal mendampingi Nurdin. Kendati sudah dilakukan pelantikan gubernur definitif sejak lama.

Jumaga menjelaskan, selama ini dirinya secara langsung atau tidak sudah seringkali menyampaikan perihal pemilihan calon wakil gubernur ini ke seluruh anggota fraksi, baik utamanya yang berasal dari partai politik pengusung.

“Mana calon dari partai pengusungnya, kapan lagi? Siapa lagi kandidatnya? Mereka semua tertutup belum menyampaikan kepada kita walaupun secara non-formal,” papar Jumaga, Selasa (26/7).

Namun, Jumaga mengingatkan, bahwasanya tahapan pemilihan calon wakil gubernur ┬áKepri ini harus disampaikan secara formal. Sedangkan yang lebih berhak mengajukannya, dalam hal ini partai politik pengusung maupun koalisi, belum menyampaikan apa-apa. “Sehingga persoalan wagub ini terhambatnya bukan di DPRD,” kata politisi dari Fraksi PDIP ini.

Akan lain cerita bilamana calon wakil gubernur sudah diajukan, namun DPRD Kepri tidak lekas melanjutkan tahapannya. “Kalau sudah diajukan ke kami, lalu kami tidak bekerja, tidak membentuk panitia, tidak membuat tentatif, baru radiogram itu pas buat DPRD Kepri. Kami kan masih menunggu dari partai pengusung,” ungkapnya.

Selaku orang nomor satu di DPRD Kepri, Jumaga akan melanjutkan radiogram dari Kemendagri ini melalui fraksi-fraksi di DPRD Kepri ini sehingga selanjutnya dapat disampaikan kepada partai yang bersangkutan.

“Mengenai koordinasi dengan gubernur, terserah dia, mau cepat tidak wagub ini dipilih,” pungkasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar