Pemko Tanjungpinang Serahkan 40 Sampan Motor untuk Nelayan

804
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Kelautan Perikanan Pertanian Kehutanan dan Energi (KP2KE)Kota Tanjungpinang akan menyerahkan bantuan berupa 40 unit sampan motor bagi 40 nelayan di Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas KP2KE Kota Tanjungpinang, Adnan mengatakan bantuan dengan total nilai sebesar Rp 520 juta ini diberikan dengan tujuan mempermudah nelayan dalam mata pencaharian.

“Dengan begitu bantuan sampan ini juga akan membantu meningkatkan pendapatan nelayan,” ujar Adnan, ditemui di Aula Bulang Linggi Badan Perpustakaan Arsip dan Museum (BPAM) Kota Tanjungpinang, Selasa (26/7).

Adnan menuturkan, Pemerintah Kota Tanjungpinang memberikan bantuan sampan ukuran 1 GT, dengan tujuan menghindari biaya operasional yang besar. Selain itu, kata dia, nelayan Tanjungpinang tidak membutuhkan kapal besar, karena tidak melaut dalam jarak yang jauh.

Untuk memperoleh bantuan dari Pemko Tanjungpinang, nelayan cukup mengajukan proposal langsung ke Dinas KP2KE. Tidak ada syarat khusus yang diperlukan, kata Adnan, tapi nelayan harus menyertakan kartu anggota nelayan. “Karena yang memperoleh bantuan ini hanya nelayan,” ujarnya.

Nelayan yang mengajukan juga tidak seluruhnya dapat memperoleh bantuan tersebut. Menurut Adnan, pihaknya akan melakukan verifikasi dari proposal yang telah diterima. Pihaknya memberi prioritas terhadap nelayan yang memang tidak memiliki sampan.”Memang ada skala prioritas. Kami prioritaskan yang memang membutuhkan,” ujarnya.

Dikatakan Adnan, tahun 2016 ini lebih dari 100 proposal diterima oleh pihaknya. Tapi setelah verifikasi, hanya 40 nelayan yang akan memperoleh bantuan.

Bantuan sampan akan diberikan setiap tahun. Hanya saja, untuk jumlah disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Jumlah bantuan sampan motor tahun 2016 ini meningkat dibandingkan tahun 2015 lalu. “Tahun 2015 lalu sampan motor yang diberikan sebanyak 36 unit,” ujarnya.

Selain kepada 40 nelayan, Dinas KP2KE Kota Tanjungpinang juga memberikan bantuan peralatan menangkap ikan, seperti jaring keramba, bibit pakan dan lainnya kepada nelayan yang membutuhkan. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar