Perhatian! PRT Kini Harus Diikutkan Jadi Peserta BPJS

279
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Profesi pembantu atau pekerja rumah tangga (PRT) kini mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Salah satunya adalah dengan mengikutsertakan mereka menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, menegaskan kepesertaan PRT dalam BPJS untuk memberikan jaminan sosial dalam bekerja.

”Ini salah satu pemenuhan aspek perlindungan dan kesejahteraan mereka. Kita sudah atur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker),” terang Hanif di Jakarta, kemarin (26/7).

Hanif mengatakan, selama ini pemerintah terus mendorong PRT dapat menikmati program-program jaminan sosial yang diselenggarakan pemerintah. Karena, jaminan sosial menjadi satu faktor untuk mendorong peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

”Langkah konkret kami, dalam tahun ini kita terbitkan Permenaker Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Permenaker tersebut untuk memastikan terpenuhinya hak normatif PRT sekaligus menghormati tradisi, konvensi, dan adat istiadat,” tandasnya. (jpnn)

Respon Anda?

komentar