Siti Sarwindah, Calon Pengganti Asman Abnur di DPR RI

1601
Pesona Indonesia
Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Asman Abnur. foto:net
Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Asman Abnur. foto:net

batampos.co.id – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur resmi masuk jajaran kabinet Kerja Jokowi-JK sebagai Menteri Pemberdayaan Aparature Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Asman dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (27/7/2016) di Istana Negara, bersama 11 menteri lainnya. Asman menggantikan Yuddy Chrisnandi.

Baca Juga: Asman Abnur Resmi Jadi Menteri PANRB, Ini Daftar Menteri yang Baru Dilantik Jokowi

Nah, terpilihnya Asman Abnur sebagai Menteri PAN-RB otomatis statusnya sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Provinsi Kepulauan Riau harus dilepas.

Calon pengganti Asman berdasarkan nomor urut dan perolehan suara pada pemilu legislatif 2014 silam untuk Dapil Kepri adalah Dra. SITI SARWINDAH,Msi.

Berdasarkan data rekpaitulasi KPU Kepri, perolehan suara pemilu legislatif untuk DPR RI Dapil Kepri, Siti Sarwindah memperoleh 4.615 suara. Ia tepat berada di bawah Asman Abnur yang kala itu memperoleh 97.327 suara.

Namun, jika Siti sarwindah berhalangan, maka calon berikutnya yang bisa menggantikan Asman Abnur di DPR RI adalah dr. Jufri Taufiq. Dokter Jufri saat itu memperoleh 4.163 suara.

PAN sendiri memperoleh total suara untuk DPR RI Dapil Kepri sebanyak 12.939 suara atau 15 persen dari total perolehan suara semua partai peserta pemilu 2014. (nur)

Respon Anda?

komentar