Soal Rekalamasi, BP Batam Siap Koordinasi dengan Pemko

410
Pesona Indonesia
Pantai Kampung Belian yang direklamasi. Foto: WB
Pantai Kampung Belian yang direklamasi. Foto: WB

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam siap berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan DPRD Batam terkait reklamasi.

Masalah reklamasi bagiBP Batam memang butuh kesepakatan bersama terkait perizinan, apalagi lokasinya di kawasan strategis nasional seperti Batam.

“Kalau bicara reklamasi di kawasan strategis nasional, seharusnya sampai ke Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono belum lama ini.

Baca Juga: Garang pada Pengusaha Reklamasi, Tapi Pemko Batam Tak Berani Lapor Polisi

Selama ini, pengusaha bisa melakukan reklamasi karena sudah mendapat izin cut and fill dari BP Batam dan itu banyak melanggar peraturan terutama Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 122 Tahun 2009 tentang reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

“Kalau praktik selama ini kan cukup dengan izin cut and fill, apa ke depan perlu ditambah, itu yang harus dibahas,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan pihaknya akan melaporkan empat perusahaan yang melakukan reklamasi dan cut and fill di Batam ke pihak berwajib.

Baca Juga: Dewan Batam Dukung Tim 9 Pemko Meja Hijaukan Pengusaha Reklamasi

Empat ini tidak menggubris larangan untuk menghentikan kegiatan reklamasi. Mereka tetap melanjutkan aktivitas penimbunan pantai dan pesisir di Bengkong, Batamcenter, dan Pulau Janda Berhias. (leo)

Baca Juga: 2 Pejabat BP Batam Diperiksa Terkait Reklamasi di Batam

Respon Anda?

komentar