Akibat Kelalaian Manusia, 12 Nyawa Melayang karena Kecelakaan

513
Pesona Indonesia
Petugas melakukan olah TKP saat terjadi kecelakaan beruntun di simpang Batu 8 Tanjungpinang, Rabu (13/4). F.Yusnadi/Batam Pos
Petugas melakukan olah TKP saat terjadi kecelakaan beruntun di simpang Batu 8 Tanjungpinang, Rabu (13/4). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Angka kecelakaan lalulintas pada semester pertama tahun 2016, tercatat ada 59 kasus. Ada 12 kasus kecelakaan yang menyebabkan 12 nyawa melayang di Jalan Raya, 32 orang mengalami luka berat dan 13 orang luka ringan, dengan kerugian mencapai Rp 154 juta.

Kanit Laka Lantas Polres Tanjungpinang, Ipda Sugiono mengatakan kecelakaan lalu lintas banyak disebabkan faktor human error atau kelalaian pada manusianya. Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat untuk benar-benar menaati peraturan lalu lintas.

”Kebanyakan kecelakaan lalulintas itu didahului dengan pelanggaran aturan tertib berlalu lintas,” ujar Sugiono, Rabu (27/7).

Selain human error, kata Sugiono, penyebab lainnya hingga terjadinya kecelakaan lalulintas, karena kurang berhati-hati saat berkendara dan tidak melengkapi kendaraan dan kelengkapan pengemudinya saat berkendara.

”Yang paling penting untuk seluruh orang tua untuk tidak memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih dibawah umur. Banyak juga ditemukan pengendara yang tidak memakai helm ganda (Helda) dan motor yang sudah dimodifikasi,” kata Sugiono.

Dilanjutkannya, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Tanjungpinang. Pihaknya saat ini kembali gencar melakukan sosialisai cara berkendara yang aman dan baik.

”Kami lakukan penyuluhan ke kalangan pelajar dengan mendatangi Sekolah-sekolah yang ada di Tanjungpinang,”ucap Sugiono.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar