Archandra Tahar, Presiden Direktur Petroneering Houston Texas yang Jadi Menteri ESDM

2470
Pesona Indonesia
Archandra Tahar, Presiden Direktur Petroneering Houston Texas yang dipilih Jokowi Jadi Menteri ESDM. Foto: istimewa
Archandra Tahar, Presiden Direktur Petroneering Houston Texas yang dipilih Jokowi Jadi Menteri ESDM. Foto: istimewa

batampos.co.id – Salah satu wajah baru dalam Kabinet Kerja yang baru dilantik Jokowi, Rabu (27/7/2016) adalah Archandra Tahar. Ia dipercaya Jokowi memimpin Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengganti Sudirman Said.

Ya, penampilan Archandra saat dilantik tampak biasa saja. Meski sudah 20 tahun menetap di Amerika Serikat (AS). Ia lebih suka tampil sederhana.

Padahal, dia terbilang pengusaha hebat. Di Amerika, ia memiliki posisi empuk sebagai Presiden Direktur Petroneering Houston di Texas. Di perusahaana yang bergerak di bidang energi dan minyak itu, ia menjabat sejak 2003.

Pria 45 tahun itu mengaku terpilih sebagai menteri ESDM dalam waktu yang singkat. Pasalnya ia baru tiba di Indonesia pada Minggu (24/7/2016). Setibanya di Indonesia, Jokowi mengundangnya untuk sekedar berdiskusi.

Dari diskusi itu, Jokowi kepincut dengan kepiawaian Archandra memberikan penjelasan. Serta latar belakangnya yang sudah tak perlu diragukan lagi.

“Ceritanya agak surprise. Saya juga nggak bermimpi (diangkat menjadi menteri-red). Saya diberi kesempatan berdiskusi dengan beliau (Jokowi). Dari situ diskusi berlanjut, baru beberapa hari lalu, singkat sekali, nggak sampai seminggu. Saya baru tiba di Indonesia Minggu kemarin,” ujar Archandra.

Kedatangannya ke Indonesia diakui alumnus teknik mesin ITB ini untuk memenuhi undangan mantan gubernur DKI Jakarta ini. Dalam pertemuan singkat itu, Jokowi memberikan tongkat kepemimpinan ESDM kepada dirinya.

Hati Archandra langsung tergerak untuk memajukan sektor energi di Tanah Air. Ia kini ingin memanfaatkan kesempatan itu untuk mengabdi pada negara. Ia pun rela meninggalkan Amerika demi mengabdi kepada Tanah Air.

“Saya dipanggil oleh bapak presiden untuk pulang ke Indonesia setelah lebih dari 20 tahun menetap di Amerika. Bapak presiden memberi amanah untuk memimpin sektor ESDM dan memajukannya sesuai dengan program nawa cita,” terangnya.

Meski latar belakang pendidikan serta pekerjaannya tak perlu diragukan lagi di bidang energi, dia tak ingin berbesar kepala. Archandra bakal memikul tanggung jawab besar itu bersama dengan anak buahnya.

“Saya sangat menyadari begitu berat beban dan tanggung jawab ini, tapi saya yakin dengan bantuan jajaran kementerian ESDM, Insya Allah tugas yang berat ini bisa lebih ringan,” tandas Archandra. (chi/jpnn)

Biodata Dr Archandra Tahar

Nama Lengkap :  Dr Arcandra Tahar

Pendidikan :
ITB  Teknik Mesin : 1989 -1994
Texas A&M University  Ocean Engineering : 1996 – 1998
Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy) : 1998 – 2001

Riwayat Pekerjaan

Presiden Petroneering : 2013-2016
Principal Horton Wison Deepwater : 2009 – 2013
Principal dan Presiden Asia Pasific AGR Deepwater Development System : 2007-2009
Hydronynamics Lead FloaTec LLC 2006 – 2007
Peneliti Technip Offshore : 2001 – 2006
Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center : 1997 – 2001
Technical Advisor Noble Denton : 2000

Skill :
Product Development, Wave Basin Model Testing, Offshore Field Measurement, Deepwater Platform Design and Analysis (Spar, TLP and Semisubmersible), FPSO Analysis, Shallow Water Platform Design and Analysis (Buoyant Tower), Mooring Design and Analysis, Riser Design and Analysis, Naval Architecture, Hydrodynamics, Software Development, Asset Integrity Management, Wave Energy, Offshore Drilling.

Respon Anda?

komentar