Gantikan Wiranto, Hanura Siapkan Empat Nama Ini

335
Pesona Indonesia
Wiranto. (foto: jpnn)
Wiranto. (foto: jpnn)

batampos.co.id – Setelah Wiranto ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menkopolhukam, Partai Hanura kini bersiap mencari ketua umum baru.

Pasalnya, ada aturan tak tertulis dari presiden yang tidak memperbolehkan menterinya merangkap jabatan di partai politik.

Ketua Bappilu Partai Hanura, Karna Brata Lesmana, mengataka, partai akan mencari sosok yang pas untuk duduk di kursi ketua umum.

”Kalau memang tidak boleh rangkap jabatan, otomatis harus ada yang dilepas. Saya kira hal itu sudah dipikirkan oleh beliau (Wiranto, Red),” ujar Karna kepada wartawan saat dihubungi, Rabu (27/7).

Mengenai bagaimana proses peralihan kepemimpinannya, Karna menjelaskan, di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sudah dibeberkan tinggal merealisasikannya.

”Nanti ada prosesnya. Inikan mendadak banget,” tandasnya.

Dia juga menambahkan, Wiranto sudah menghitung dan mengkalkulasikan konsekuensi dari keputusan mengambil posisi sebagai menteri. Dirinya yakin Wiranto bisa membantu presiden dalam memperbaiki bangsa.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Hanura, Syarifuddin Sudding, mengungkapkan kemungkinan besar posisi Wiranto tak akan tergeser sebagai ketua umum. Karena, ke depan untuk menjalankan roda organisasi partai akan diaktifkan ketua harian.

”Jadi Pak Wiranto tetap sebagai ketua umum non-aktif. Untuk menjalankan roda partai, akan dibentuk ketua harian. Jadi kewenangan ketua umum akan beralih ke ketua harian,” jelas Sudding.

Sementara, beredar empat nama untuk menggantikan Wiranto. Yakni, Dossy Iskandar Prasetyo, Syarifuddin Suding, Wisnu Dewanto dan Erik Satrya Wardhana. Selain di Komisi III, Dossy pernah menjadi Sekjen Partai Hanura dan saat ini dipercaya sebagai ketua DPP serta wakil Ketua Baleg. (aen/dil/jpnn)

Respon Anda?

komentar