(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Umumnya, makanan yang kita konsumsi memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh dan sebagai sumber energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Namun, ternyata ada juga lho makanan yang justru membuat tubuh Anda menjadi cepat lelah dan tidak semangat setelah mengonsumsinya.

Karena itu, sebaiknya Anda jangan menjadikan makanan-makanan ini untuk mengawali hari atau mengonsumsinya sebelum berolahraga, karena yang ada bukannya jadi semangat malah justru tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat.

Dilansir dari laman sleep.org, berikut adalah beberapa makanan yang membuat Anda menjadi lebih cepat lelah:

1. Ceri

Buah ini secara alami tinggi hormon melatonin yang mengontrol siklus tidur dan bangun Anda. Dosis tambahan melatonin bisa mengirim sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk pergi tidur, jadi lebih baik Anda mengonsumsi ceri (serta jus ceri tart, yang juga memiliki jumlah tinggi melatonin) setelah makan malam bukannya menjelang siang.

2. Roti

Karbohidrat menyebabkan kadar glukosa darah Anda melompat cepat (itu sebabnya Anda mendapatkan ledakan tiba-tiba energi). Tapi ketika kadar glukosa ini mulai untuk diturunkan, Anda mungkin akan mengalami penurunan energi yang akan membuat Anda siap untuk tidur siang. Karbohidrat olahan (seperti roti putih) terutama bermasalah, sedangkan roti gandum cenderung membuat Anda merasa lesu.

3. Dark Chocolate

Meskipun cokelat hitam memiliki kafein di dalamnya, ia mengandung serotonin, sebuah neurotransmitter yang bisa membantu Anda rileks. Menariknya, cokelat susu tidak mengandung serotonin dan benar-benar bisa membuat Anda merasa lebih terjaga.

4. Kalkun

Ada alasan bahwa Anda merasa lelah setelah makan malam Thanksgiving. Protein tanpa lemak seperti kalkun, ikan, ayam dan keju rendah lemak tinggi triptofan, asam amino yang meningkatkan kadar serotonin.

5. Pisang

Kalium dan magnesium dalam pisang merupakan penyebab perasaan mengantuk. Mereka membantu mengendurkan otot-otot Anda dan mengirim Anda pergi ke alam mimpi.(fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar