Sepekan Kedepan Natuna Masih Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang

751
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Wilayah kepulauan Natuna dan sekitarnya dalam satu minggu kedepan diperkirakan akan diguyur hujan disertai angin kencang.

Perakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai Asrul Safarudin mengatakan, hingga tanggal 1 Agustus mendatang, kecepatan angin diwilayah Natuna sedikit bertambah kencang berkisar 10 hingga 30 kilometer per jam dan kecepatan maksimum dapat berkisar 53 kilometer per jam.

“Sampai pekan depan angin bertiup dari arah Barat daya sampai Barat. Kecepatannya bisa 53 kilo meter per jam,” kata Asrul, Jumat (27/6).

Perkiraan angin ini dikatakan Asrul, dapat berpotensi tinggi gelombang laut di perairan Natuna dan mewaspadai pembentukan awan comulonimbus (awan gelap dan tebal) yang dapat menimbulkan hujan lebat dan angin kencang secara tiba-tiba.

“Nelayan diimbau selalu waspada, karena disaat turun hujan selalu dibarengi angin kencang serta petir,” imbau Asrul.

Dari analisa cuaca saat ini, sambung Asrul, menunjukan adanya daerah tekanan rendah di Selatan China yang membentuk tropical siklon mirinae yang bergerak kearah Barat dan Barat Laut menuju daratan Cina dengan kecepatan 12 knot dan kecepatan maksimum berkisar 40 knot.

Siklon Mirinae ini, katanya, menyebabkan terjadinya angin menjadi kencang dari Selatan hingga Barat Daya di wilayah perairan Natuna. Dan adanya sirkulasi angin pada lapisan atas sering terbentuknya daerah pertemuan angin dan belokan angin hal ini juga mempengaruhi pembentukan awan-awan konvektif (awan gelap dan tebal) masih cenderung banyak. Menimbulkan guntur disertai petir, hujan lebat dan angin kencang secara tiba-tiba.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar