12 Atlit Profesional Dunia Ikut Berlaga di Ironman 70.3 Bintan

822
Pesona Indonesia
 Para atlet Ironman 70.3 Bintan sedang berlaga balap sepeda melintasi Jalan Cikolek, Kecamatan Toapaya 2015 lalu. Iven yang sama akan digelar 27-28 Agustus 2016 di Kawasan Wisata Lagoi Bay. F. Harry/Batampos
Para atlet Ironman 70.3 Bintan sedang berlaga balap sepeda melintasi Jalan Cikolek, Kecamatan Toapaya 2015 lalu. Iven yang sama akan digelar 27-28 Agustus 2016 di Kawasan Wisata Lagoi Bay. F. Harry/Batampos

batampos.co.id – Ivent Ironman 70.3 Bintan yang ditaja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan bersama PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Event Organizer (EO) Metasport 27-28 Agustus mendatang akan dihadiri 12 atlet profesional dunia. Sebab ajang olahraga internasional yang direncanakan di Kawasan Pariwisata Lagoi Bay ini menjadi salah satu tiket dari 40 cabang kualifikasi sebelum mencapai Ironman World Champion yang dijadwalkan di Australia tahun depan.

“Ironman 70.3 Bintan ini merupakan salah satu iven yang harus dilalui para atlet dunia untuk menuju Ironman World Champion,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Luki Zaiman Prawira usai menghadiri rapat teknis pembahasan iven Ironman 70.3 Bintan di Ruang Rapat II, Kantor Bupati Bintan, Kamis (28/7).

Dijelaskannya, peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang ini mencapai 1.200 orang atau naik 20 persen dari tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut 1.000 orang mengikuti kelas bergengsi dan 200 orang lainnya mengikuti kelas anak-anak.

Dalam kelas bergengsi itu akan diikuti 12 atlet profesional dunia diantaranya David Dellow dari Australia, Cameron Brown dari New Zealand, Clayton Fettel dari Australia, Fredrik Croneborg dari Swedia, dan Michael Fox dari Australia. Berikutnya Matt Burton dari Australia, Courtney Ogden dari Australia, Gerhard De Bruin dari Afrika Selatan, Michelle Bremer dari New Zealand, Anna Halasz dari Hungaria, dan Julia Grant dari Australia.

“Cameron Brown juga ikut berlaga dalam ajang ini. Atlet asal New Zealand yang pernah meraih 4 kali podium World Champ dan 12 kali podium Ironman dunia itu akan bersaing sengit dengan 11 atlet dunia lainnya. Dijamin iven tahun ini sangat seru,” katanya.

Untuk pelaksanaannya, kata Luki, akan digelar terlebih dahulu kelas Ironman Kids atau khusus anak-anak pada 27 Agustus. Nantinya sebanyak 200 anak-anak akan berlaga di perlombaan lari sejauh 1,5 Kilometer (Km). Sedangkan untuk kelas bergengsi harus menjalani lomba renang dengan jarak sepanjang 1,9 Km, balap sepeda sejauh 90 Km dan lomba lari sejauh 21,1 Km. Kelas ini dijadwalkan akan dibuka sehari kemudian atau 28 Agustus mendatang.

Untuk rute yang akan dilalui, masih kata Luki, lomba renang akan digelar di perairan Pantai Lagoi Bay. Untuk balap sepeda di gelar di Area Kawasan Lagoi sedangkan lomba lari akan melalui beberapa ruas jalan di dua kecamatan diantaranya Jalan Simpang Lagoi, Kampung Baru, Simpang Penaga Lintas Barat, Busung, Simpang Lobam, Kampung Bugis, Pantai Sakera, Sungai Kecil dan kembali kesimpang Lagoi hingga berakhir di Kawasan Plaza Lagoi Bay.

“Selain menjadi salah satu tiket menuju Ironman World Champion. Para atlet akan merebutkan hadiah sebesar 15000 Dolar US,” ungkapnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan hadirnya 1200 atlet dari 50 negara pada iven olahraga ini menjadi suatu kebanggan besar bagi Indonesia, khususnya Kabupaten Bintan. Pasalnya pihak penyelenggara iven olahraga itu mempercayai bahwa Kabupaten Bintan sebagai lokasi strategis dalam menaja pegelaran bertaraf dunia.

“Saya mohon dukungan masyarakat Bintan untuk mensukseskan iven ini. Sambut wisatawan yang datang dengan kesan budaya yang baik. Karena melalui cara ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Bintan dimata dunia,” katanya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar