Kemenag Beri Pembekalan 51 JCH Lingga

575
Pesona Indonesia
Pemberangkatan haji tahun lalu. foto:dok
Pemberangkatan haji tahun lalu. foto:dok

batampos.co.id – Jelang keberangkatan 51 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Lingga pada 9 Agustus 2016 mendatang, Kemenag Lingga berikan pembekalan persiapan keberangkatan. Musim haji 1437 Hijriah tersebut yang hanya tinggal menghitung hari sebelum kloter Kepri diberangkatan dari Batam ke Tanah Suci, Kemenag berharap jemaah Lingga lebih mandiri.

Hasyim, kepala Kemenag Lingga dalam kegiatan yang digelar Rabu (27/7) kemarin di Hotel Sunling Daik terus memotivasi para jemaah sebelum keberangkatan agar memperdalam pengetahuan di Tanah Suci. Mulai dari proses perjalanan, hingga proses pelaksanaan ibadah melalui berbagai media yang ada.

“Para JCH perlu banyak membaca dan bertanya tentang pengalaman haji. Atau bisa belajar melalui berbagai buku serta aplikasi android yang tersedia dan bisa diunduh melalui playstore,” ungkap Hasyim di depan 51 JCH Lingga.

Tujuannya, ungkap Hasyim, tak lain agar para JCH, dapat menjadi mandiri. Artinya mengerti dan paham medan di Tanah Suci maupun di embarkasi keberangkatan.

“Artinya tidak selalu tergantung dengan orang lain, tetapi tetap berpedoman pada petunjuk juknis yang ada serta tetap mengikuti arahan dari Ketua regu dan ketua rombongan,”pesan Hasyim.

Ditempat yang sama, Kasi Pelaksana Haji dan Umrah (PHU) Lingga, Abdurokhman mengatakan kegiatan ini guna pemantapan mental JCH. Persiapan keberangkatan seperti koper jemaah, tas dokumen, sekaligus keberangkatan dari masing-masing kecamatan mulai harus benar-benar dipersiapkan dan diperiksa kembali.

“Nanti, para JCH diminta berkumpul di Dabo pada tanggal 6 Agustus 2016 dan diinapkan di Hotel Prima Inn. Pelepasan akan dilaksanakan di Masjid Az Zulfa dan akan diberangkatkan menggunakan MV.Oceanna menuju Batam. Sesuai jadwal akan tiba di Pelabuhan Punggur pukul 12.00 WIB. Kemudian JCH Lingga akan langsung masuk asrama dan diistirahatkan selama 2 hari di Asrama Haji Batam,” terang Rokhman.

Disampaikannya lagi, selama JCH di Asrama Haji Batam, akan diberikan pengarahan serta manasik terakhir oleh PPIH embarkasi Batam.

“Jadi pada tanggal 9 Agustus 2016 jemaah akan diberangkatkan diberangkatkan pada pukul 09.00 WIB dari bandara Hang Nadim Batam dan langsung menuju Madinah Al Munawwarah,” tuturnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar