Panselda Kebut Pemilihan Sekda Kepri Agustus Mendatang

1036
Pesona Indonesia
KEPRI-Isdianto
Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kepri, Isdianto, disebut-sebut calon kuat Sekda Kepri.

batampos.co.id – Pemilihan Sekerataris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri defenitif akan dikebut pada bulan Agustus mendatang. Dalam waktu dekat, Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Pejabat Tinggi Madya akan melakukan pertemuan untuk menentukan pembukaan pendaftaran calon Sekda Kepri.

“Seleksinya sudah dimulai, ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Pansel dari Pak Gubernur Kepri,” ujar Ketua Panselda Kepri, Eko Prasojo, Kamis (28/7) lewat pesan singkat.

Lebih lanjut katanya, apabila tidak ada halangan besok (hari ini,red) pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama seluruh anggota Panselda Kepri untuk menentukan langkah selanjutnya. Terkait tentatib rapat, mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PAN RB) tersebut mengatakan akan menginfokan lebih lanjut.

“Mas baru besok (hari ini, red) akan ada rencana rapat dengan pansel. Agendanya tentu mendiskusikan recana kerja Pansel kedepan,” papar Eko.

Masih kata Eko, biasanya tahapan-tahapan atau proses untuk mencari nama-nama yang akan direkomendasikan sebagai calon Sekda defenitif, melalui proses seleksi syarat administrasi. Kemudian tahap selanjutnya adalah seleksi penulisan makalah, seleksi penilaian komptensi atau lebih keren bahasanya assement centre. Tahapan berikutnya adalah seleksi wawancara.

“Setelah itu akan dilanjutkan dengan tracking (pelacakan) rekam jejak integritas masing-masing calon. Karena figur yang dicari adalah Pejabat yang kompeten,” tutupnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Anggota Panselda Kepri, dari Provinsi Kepri, Zamzami A Karim yang merupakan akademisi profesional di Kepri mengakui, waktu kerja Panselda Kepri sangat sempit. Karena, sesuai ketentuan undang-undang, prosesnya harus sudah selesai enam bulan setelah pelantikan kepala daerah.

“Artinya, dalam waktu satu bulan kedepan Sekda Kepri defenitif sudah harus terpilih. Kami sudah menerima SK, Selasa (26/7) malam lalu lewat email. Dalam waktu dekat ini, akan ada rapat bersama Pansel yang ditunjuk,” ujar Zamzami menambahkan.

Seperti diketahui, nama-nama beken yang santer dikabarkan punya potensi untuk menduduki jabatan tersebut adalah, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kepri, Isdianto yang turun mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Kepri beberapa waktu lalu lewat Partai Demokrat.

Nama-nama lainnya yang tidak diragukan kemampuannya dan dinilai layak untuk menyandang status Sekda Kepri adalah, TS Arif Fadillah. Apalagi sejak dilantiknya Nurdin Basirun sebagai Gubernur Kepri, Arif sering terlibat mendampingi Nurdin dalam kegiatan pemerintahan Kepri. Apalagi pria tersebut sudah menyelesaikan Diklat Pimpinan (Diklat Pim I). Satu nama juga layak adalah, Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum yang saat ini, masih menjalani pendidikan di Lemhanas. Kemampuannya dalam bekerja ditambah penguasaan bahasa asing, memberikan kredit tersendiri bagi pria yang pernah bertugas di Pemko Batam dan BP Batam tersebut.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar