Selat Tersibuk Kedua di Dunia Ini Barometer Keamanan Nasional

1322
Pesona Indonesia
Selat Malaka
Selat Malaka

batampos.co.id – Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan (Puslitbang Strahan) dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggelar focus discussion group (FDG) di Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Kamis (28/7). Diskusi ini melibatkan TNI AL, TNI AD, Polres Karimun, Syahbandar, BC, Dinas Perikanan dan Kelautan dan organisasi dari kelompok nelayan yang membahas tentang pengamanan Selat Malaka untuk mendukung pertahanan negara.

”Selat Malaka merupakan salah satu perairan yang penting yang perlu di jaga keamanannya. Karena, selat tersebut selain sebagai ikon bagi negara kita, juga merupakan barometer keamanan nasional. Untuk itu, kegiatan FDG ini kita laksanakan demi menjaga keamanan di Selat Malaka,” ujar Kepala Puslitbang Strahan Balitbang Kementerian Perthanan Republik Indonesia, Laksamana Pertama TNI Agus Rustandi.

Perlu diketahui, katanya, Selat Malaka menjadi jalur yang penting. Tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga terhadap negara lain. Khususnya, untuk digunakan sebagai lalu lintas pelayaran kapal dari negara-negara asing. Wajar, jika selat ini menjadi perhatian nasional untuk terjamin keamanan dan keselamatan setiap kapal yang berlayar di perairan tersebut. Bahkan, termasuk nelayan yang menangkap ikan di sana.

”Memang, selama ini sudah ada instansi yang melakukan pengamanan di perairan tersebut, yakni TNI AL melalui salah satu pasukan yang dibentuk dengan nama Western Fleet Quick Response (WFQR). Namun, untuk lebih meningkatkan pengamanan di perairan tersebut tidak ada salahnya kita menyusun startegi pertahanan dengan melibatkan instansi lain. Karena, di Indonesia ada 13 instansi yang mempunyai kepentingan di laut. Sehingga, dengan kerja sama seluruh instnasi tersebut akan lebih mudah untuk mengawasi dan mengamankan perairan Selat Malaka,” papar jenderal bintang satu ini.

Agus juga menyatakan Selat Malaka sebagai ikon Indonesia karena selat itu merupakan selat tersibuk kedua di dunia. ”Selat tersibuk pertama di dunia adalah Selat Hormuz yang terletak diantara Teluk Persia dan Teluk Oman. Kemudian, baru Selat Malaka. Artinya, selat ini sangat penting dan dibutuhkan oleh seluruh dunia untuk jalur pelayaran,” jelasnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar