PPK dan PPS Benteng Dilantik, Tidak Netral Langsung Dicopot

650
Pesona Indonesia
Pilkada Kotak Suara besar
Ilustrasi

batampos.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Tengah (Benteng), Asmara Wijaya ST melantik 50 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 416 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kawasan perkantoran Pemkab di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, pagi kemarin (28/7).

“Sebelumnya kita sudah melakukan seleksi terhadap anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Benteng sebagai perpanjangan KPU dalam menyelenggarakan Pilkada mendatang. Alhamdulillah mereka yang sudah memenuhi syarat bisa kita lantik hari ini,” kata Asmara Wijaya usai pelantikan seperti dikutip dari Bengkulu Ekpsress (Jawa Pos Group) kemarin.

Diakuinya, meski masih terdapat 13 orang PPS belum terpenuhi (kosong,red), ia memastikan untuk segera melakukan perekrutan dalam waktu dekat ini.

“Kita akan meminta masing-masing PPK yang sudah dilantik untuk melakukan perekrutan PPS. Hal ini tentu saja sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni harus melalui seleksi administrasi dan tes wawancara seperti halnya yang telah kita lakukan. ” tambahnya.

Selain itu, KPU juga akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja PPS dan PPK yang dilantik tersebut. Pihaknya pun tak segan-segan langsung mencopot dan mengganti PPK atau PPS yang terbukti melakukan pelanggaran serta berpihak atau tidak netral pada Pilbup Benteng mendatang.

“Bagi yang tidak netral akan langsung kita copot dan digantikan dengan orang lain,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik, Arief Budiman SS SAP MBA yang hadir dalam kesempatan itu meminta agar seluruh penyelenggara pemilu, dimulai dari KPU, PPK dan PPS bisa berkoordinasi dan bersinergi bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Hal ini penting dilakukan demi mewujudkan pilkada yang sukses dan damai.

“Jika dalam pelaksanaan pilkada nanti ada hal perlu diselesaikan, silahkan berembuk terlebih dahulu. Kita menginginkan tak ada lagi Panwas dan dan KPU saling melaporkan,” ingatnya.

Untuk diketahui, pelantikan ini juga disaksikan langsung

Bupati Benteng Ferry Ramli, Wakil Bupati M Sabri, Ketua DPRD Benteng, Ketua KPU Provinsi Irwan Saputra, Ketua Bawaslu Provinsi Parsadaan Harahap, serta seluruh komisioner KPU Benteng serta unsur pimpinan SKPD dan FKPD Pemkab Benteng.

Acara pun diakhir dengan pemukulan dol serta pelepasan balon ke udara sebagai simbolisasi dimulainya tahapan Pilbup Benteng.(jpg)

Respon Anda?

komentar