Pulau Senoa Dijadikan Pulau Penangkaran Penyu dan Kawasan Wisata

1056
Pesona Indonesia
Pulau Senoa, Natuna. foto:wonderfulnatuna.blogspot.co.id
Pulau Senoa, Natuna. foto:wonderfulnatuna.blogspot.co.id

batampos.co.id – Pulau Senoa, salah satu pulau terluar di Natuna ditetapkan pemerintah sebagai kawasan wisata bahari. Kementerian Kelautan dan Perikanan pun menjadikan pulau memiliki goa burung walet sebagai pulau penangkaran penyu.

Kepala Bidang Pertunjukan dan Dokumentaasi Kepariwisataan Dinas Periwisata Pemkab Natuna, Riswandi mengatakan, rencana ditetapkannya Pulau Senoa sebagai tempat penangkaran penyu sudah dipastikan tahun ini dimulai, selain sebagai pulau wisata bahari.

“Rencananya tahun ini sudah dimulai, kegiatannya langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain penangkaran penyu, Pulau Senoa sebagai pulau wisata, nanti juga dibangun gazebo,” kata Riswandi, Jumat (29/7).

Menurut Riswandi, ditetapkannya Pulau Senoa dijadikan lokasi penangkaran penyu, karena memiliki pantai dengan pasir yang putih dan dalam historisnya sering ditemukan penyu bertelur. Sehingga perlu dilestarikan pemerintah.

Pulau Senoa juga memiliki pesona goa sarang walet. Salah satu tempat berkembang biak burung walet yang terus terpelihara. Tentu menjadi bagian dari wisata ekstrim, karena mulut goa yang berada dasar pulau.

“Tidak mudah masuki mulut goa. Karena ombak laut cukup ekstrim, perlu persiapan dan ahli kalau ke sana. Dan harus gunakan perahu,” ujar Riswandi.

Untuk menjangkau Pulau Senoa, digunakan perahu motor sekitar 20 menit dari pelabuhan rakyat di Desa Sepempang. Pulau Senoa ini sebagiannya hamparan pantai, sebagian merupakan tebing bebatuan yang cadas.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar