Tagana Harus Tanggap Evakuasi Korban Bencana

920
Pesona Indonesia
Tagana Karimun saat melakukan latihan fisik. foto:istimewa
Tagana Karimun saat melakukan latihan fisik. foto:istimewa

batampos.co.id – Sekretaris Daerah Karimun TS Arif Fadillah mengatakan, dalam pemantapan yang diadakan oleh Dinas Sosial Provinsi Kepri dalam penanggulangan bencana agar benar-benar dimanfaatkan bagi para peserta dalam menambah ilmu pengetahuan. Sehingga, ketika ada bencana para peserta Taruna Siaga Bencana Tagana Karimun dapat langsung bergerak cepat untuk memberikan pertolongan.

”Namanya musibah atau bencana, tidak diketahui kapan terjadi. Artinya, Tagana Karimun harus benar-benar siap kapanpun diperlukan,” kata Sekda Karimun usai pembukaan pemantapan di hotel berbintang, kemarin (29/7).

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Kepri, Hj Sulastri mengungkapkan, bahwa
pemantapan kemampuan shelter korban bencana alam tahun ini diikuti sebanyak 50 orang, yang terdiri dari Tagana dan pengurus dari Kampung Siaga Bencana se-Kabupaten Karimun.

“Paling penting para peserta harus sigap, tanggap dan cakap dalam hal shelter. Diawali dari kemampuan pendirian tenda (shleter), untuk korban bencana yang dibutuhkan waktu 30 sampai 45 menit harus sudah berdiri,” jelasnya.

Dengan demikian, lebih awal untuk melakukan evakuasi korban dari tempat bencana ke tempat yang lebih nyaman yaitu shelter. Agar korban cepat dilakukan tindakan medis, kemudian dilanjukan dengan penanganan lebih lanjut lagi. Selain diberikan materi diruangan, pihaknya akan melakukan simulasi di Coastal Area bagaimana cara pendirian tenda yang cepat dengan mengundang praktisi dari damkar serta SAR.

”Intinya, untuk meningkatkan kecakapan sukarelawan yang tergabung dalam Tagana Karimun,” ungkapnya.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari dari Tim SAR dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Karimun. Selain itu acara juga dihadiri sejumlah unsur pemuda, dari Karang Taruna dan beberapa organisasi massa dan relawan lainnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar