Tax Amnesty Dapat Tingkatkan Kinerja Perbankan

477
Pesona Indonesia
Amnesty Tax
Amnesty Tax

batampos.co.id – Pemerintah Pusat telah menerapkan undang-undang pengampunan pajak atau tax amnesty yang dapat memberikan serangkaian dampak positif disektor perekonomian di Indonesia. Keberadaan regulasi pengampunan pajak ini, juga akan bertambahnya likuiditas ke bank-bank umum.

”Tax amnesty juga bisa meningkatkan kinerja perbankan. Yang secara otomatis transaksi di perbankan akan meningkat,” kata Joko Sembodo, pimpinan BNI Tanjungbalai Karimun, kemarin (29/7) saat di mintai tanggapannya tentang pemberlakukan tax amnesty.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemanfaatkan tax amnesty juga selain mendorong kinerja perbankan juga bisa meningkatkan perekonomian secara tidak langsung dengan berakhirnya crowding out atau persaingan surat utang antara korporasi dan pemerintah. Seperti untuk menghentikan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) jika dana yang diperoleh pemerintah sudah cukup. Dimana selama ini, orang-orang kaya memarkirkan dananya di luar negeri.

”Ya itu tadi, bank sebagai gate way atau pintu gerbang pembayaran. Secara otomatis, dana segar masuk ke bank-bank nasional dari pembayaran tax amnesty,” jelasnya.

Sehingga, ketika permodalan bank nasional telah menguat. Maka, modal yang sudah terparkir di perbankan nasional dapat dimanfaatkan untuk mendanai pembangunan. Seperti tol laut, jembatan, perumahan, pelabuhan, bandara dan sebagainya. Dimana dana tersebut terkumpul di bank-bank nasional yang apabila sudah banyak dapat dimanfaatkan.

”Satu lagi, apabila likuiditas perbankan berlimpah, secara otomatis akan menurunkan suku bunga Pasar Uang Antar Bank (PUAB). Ya, intinya berdampak besar terhadap perekonomian kita,” ucapnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar