Pelabuhan Batuampar Dilelang Ulang, Silakan Ikut Tender

791
Pesona Indonesia
Pelabuhan Batuampar di lihat dari udara. Foto: istimewa/singapuraterkini
Pelabuhan Batuampar di lihat dari udara. Foto: istimewa/singapuraterkini

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam melelang ulang pelabuhan Batuampar setelah tertunda beberapa bulan. Nilai lelangnya saat ini sedang dihitung.

“Kemarin sempat tertunda lelangnya karena ada audit dari BPK dan BPKP,” kata Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono, Sabtu (30/7/2016).

Andi mengatakan saat ini proses lelangnya masih dalam tahap evaluasi dokumen lelang. Pihak BP Batam hingga kini belum mendapat nilai lelangnya. Padahal waktu dilelang beberapa bulan lalu, ditemukan nilai lelang Rp 2 triliun.

“Sampai sekarang belum dapat nilai lelangnya. Kalau sebelumnya waktu dilelang nilainya Rp 2 triliun. Kita tunggu saja,” katanya.

Tahun lalu, BP Batam sudah pernah melelang pelabuhan Batuampar. Tetapi dilelang ulang karena Di mana dalam pelelangan sebelumnya, kurang peminat. Meski ada beberapa perusahaan yang sudah menyatakan minat seperti PT Pelindo I. Bahkan perusahaan itu sudah melakukan peninjauan.

Menurut Andi saat ini pelabuhan Batuampar harus terus dibenahi. Yang paling mendesak adalah pengadaan crane otomatis di sana. Dan ini diharapkan akan menjadi kewajiban dari pemenang lelang nantinya.

Crane pengangkut barang di sana harus ada dan harus canggih untuk melayani bongkar muat barang. Di mana saat ini bongkar muat barang dari kapal di sana, selama ini hanya mengandalkan crane yang ada di dalam kapal itu sendiri.

Kapastitas pelabuhan tersebut maksimal 200 ribu twenty-foot equivalent units (TEUs). Tetapi setiap tahunnya pelabuhan tersebut hanya menampung sekitar 80.000-100.000 TEUs. Atau hanya sekitar 50 persen setiap tahun.

“Kita akui memang sangat minim. Jadi kalau sebulannya itu, maksimal di angka 30 ribu TEUs. Ini sudah termasuk bongkar muat lokal dan ekspor impor,” katanya.

Ini juga tidak lepas dari panjang panjang Dermaga Selatan Batuampar yang sangat terbatas. Hanya sekitar 600 meter. Kedalaman lautnya pun sangat dangkal. Hanya sekitar 9 meter. Wajar kalau kapal bersandar di sana hanya kapal-kapal kecil. (ian)

Respon Anda?

komentar