7.263 Warga Bintan Belum Punya E-KTP, Ayo Rekam Segera!

559
Pesona Indonesia
Petugas menunjukkan  E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com
Petugas menunjukkan E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan mencatat dari 102.462 jiwa penduduk yang berdomisili di 10 kecamatan se Bintan hanya 95.199 warga yang mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (E-KTP). Sedangkan 7.263 warga lainnya belum melakukan perekaman data untuk mendapatkan E-KTP yang berlaku seumur hidup itu.

“Hanya 95.199 warga yang miliki E-KTP seumur hidup. Sedangkan sisanya 7.263 belum melakukan perekaman data sama sekali,” Kepala Disdukcapil Bintan, Yudha Inangsa ketika dikonfirmasi, kemarin.

Dari 7.263 warga yang belum melakukan perekaman data, lanjutnya, mayoritas berasal dari kalangan remaja yang sudah berusia 17 tahun keatas. Mungkin, mereka tak memahami bahwa E-KTP itu menjadi salah satu persyaratan pokok penunjang dalam kepengurusan segala bentuk administrasi. Seperti proses pembuatan paspor, akte nikah, beasiswa, mendapatkan fasilitas gratis atau bantuan pemerintah dan lain sebagainya.

Apalagi sejak diberlakukannya Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan yang diberlakukan seumur hidup. Dengan memiliki E-KTP, warga tak perlu bersusah payah atau merasa direpotkan untuk mengurus perpanjangan masa berlakunya. Karena E-KTP sudah diberlakukan untuk seumur hidup walaupun tertera masa tenggang berlakunya.

“E-KTP berlaku untuk seumur hidup. Walaupun tercantum tanggal masa berlakunya, tapi pemilik kartu itu tak perlu memperbaharuinya lagi,” katanya.

Kabid Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bintan, Faizal meminta kepada warga Bintan yang belum memiliki E-KTP agar segera mengurusnya di kantor kecamatan masing-masing maupun di Kantor Disdukcapil Bintan, Batu 5, Tanjungpinang.

“Masih banyak warga Bintan yang belum lakukan perekaman data. Makanya kita belum bisa mencetak E-KTP itu disini,” akunya.

Bagi yang belum merekam data untuk pembuatan E-KTP, kata Faizal, dihimbau segera melaporkan kepada Ketua RT/RW setempat. Sebab, kartu indetitas yang diberlakukan saat ini di seluruh Indonesia, khususnya Bintan adalah E-KTP bukannya KTP biasa.

“Jika belum ada E-KTP segera laporkan ke RT/RW. Karena KTP biasa yang telah dimiliki saat ini tak berlaku lagi,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar